Selasa, 03 Mei 2016 15:21 WIB

Mabes Polri Gulung Sindikat Narkotika Internasional

Editor : Hermawan
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com – Jaringan internasional menyelundupkan narkotika jenis sabu-sabu seberat 3 kilogram ke Indonesia digulung aparat Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri.

Mereka adalah Amaechi Kingsley Ohueri (26) asal Nigeria, dan seorang perempuan warga Indonesia bernama Jean Caroline Makatitta (24). Satu lagi WNA China yang kini masih buron.

Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri, Kombes Nugroho Aji mengatakan sindikat narkoba internasional ini menyimpan 3 kilogram sabu itu di tiga tabung filter air. Rencananya, sabu-sabu itu akan diedarkan di sejumlah tempat di Jakarta.

"Jadi mereka ini sempat ingin mengelabui petugas, kan tadinya ada 8 tabung filter air, tapi dari delapan itu, narkoba yang tersimpan hanya di tiga tabung, sisanya kosong sebagai pelengkap supaya tidak dicurigai," jelas Kombes Nugroho, di kantor Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri, Jakarta Timur, Selasa (3/5/2016) siang.

Kombes Nugroho menjelaskan penyelundupan sabu-sabu ini terungkap berkat dari pengembangan tersangka Jean yang lebih dulu ditangkap di salah satu lokasi gudang ekspedisi di kawasan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Pada saat itu, Jean tertangkap saat hendak mengambil sabu-sabu milik Kingsley yang tersimpan di dalam tabung filter air di gudang tersebut. Barang haram tersebut dikirim oleh WNA Nigeria lainnya yang menetap di Thailand.

"Saat itu juga kami perintahkan Jean agar Kingsley yang tengah berada di apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan juga ikut mengambil barang itu, setelah dia datang keduanya kami tangkap," ujar Kombes Nugroho.

Kombes Nugroho menegaskan akan terus mengembangkan kasus narkoba ini dengan memeriksa kedua tersangka. "Kami masih terus mengembangkan kasus ini. Siapa tahu masih ada narkoba lain yang tersimpan di lokasi lain,” pungkas Kombes Nugroho.

 
0 Komentar