Selasa, 05 April 2016 21:46 WIB

Mantan PM Selandia Baru Ingin Gantikan Ban Ki-moon

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Mantan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Helen Clark, mengatakan akan berkampanye untuk menjadi Sekretaris Jenderal PBB berikutnya.

 

Bahkan, ia berjanji akan meningkatkan transparansi dan menggembar-gemborkan pengalamannya dalam memimpin Selandia Baru dalam upaya menjadi perempuan pertama yang memimpin badan dunia itu.

Selandia Baru telah mengirim surat kepada Presiden Majelis Umum yang secara resmi mencalonkan Clark, yang memimpin Program Pembangunan PBB (UNDP), sebagai suksesor Ban Ki-moon sebagai Sekretaris Jenderal.

"Saya sedang berusaha mengikuti pemilihan berdasarkan keterampilan yang saya miliki dan saya berharap di abad ke-21 ini diberikan pertimbangan yang sama dengan setiap calon laki-laki," kata Clark yang menjabat sebagai PM Selandia Baru pada 1999-2008.

Pencalonan Helen Clark ini mendapat dukungan dari PM Selandia Baru, John Key. Menurutnya, Clark memiliki campuran yang tepat dari keterampilan dan pengalaman untuk menjadikannya Sekjen PBB yang baru.

"Ada tantangan utama global yang dihadapi dunia saat ini dan PBB membutuhkan pemimpin yang terbukti dapat menjadi pragmatis dan efektif. Helen Clark memiliki sejumlah besar pengalaman dalam urusan internasional yang akan sulit bagi kandidat lain untuk menandinginya," kata Key.(exe/ist)
0 Komentar