Kamis, 17 Maret 2016 21:51 WIB

Menpora, "Presiden akan Tinjau Langsung Hambalang"

Editor : Yusuf Ibrahim

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini berencana meninjau Proyek Hambalang yang mangkrak. Presiden tergerak untuk melihat langsung proyek sarana dan prasarana olahraga tersebut setelah mendengar laporan dari Menpora Imam Nahrawi.


 


“Saya sudah menyampaikan kondisi proyek Hambalang saat bertemu Bapak Presiden kemarin sore, dalam waktu dekat ini beliau berencana melihat langsung ke sana, ada kemungkinan juga besok,” kata Menpora di Jakarta, Kamis (17/3).



Menpora menegaskan, lanjut atau tidaknya Proyek Hambalang, tergantung arahan dari Presiden. Keinginan Presiden melihat langsung kondisi proyek Hambalang, tentu menjadi sinyal positif. Dengan begitu, Presiden bisa memberikan arahan yang tepat mengenai dilanjutkan atau tidaknya proyek tersebut.



Pihak Kemenpora memang memiliki keinginan untuk melanjutkan Proyek Hambalang tersebut seperti terungkap saat Menpora melakukan rapat pembahasan sekaligus meninjau langsung Proyek Hambalang, Selasa (15/3), bersama jajaran pejabat Kemenpora, pejabat lokal dan tokoh masyarakat. 


Alasannya, karena Indonesia saat ini tidak memiliki sport camp yang memadai dan justru telah dimiliki negara-negara Asia Tenggara lain. Keberadaan Hambalang Sports and Science Center diharapkan bisa terwujud guna menopang proses pembinaan atlet nasional. Sehingga, bisa mendongkrak prestasi olahraga Merah-Putih di kancah internasional.



Selain itu, di kompleks yang berada lahan sekitar 32 hektare itu sudah terbangun beberapa fasilitas pendukung seperti asrama, musola, dan beberapa lapangan olahraga. Jika proyek ini dilanjutkan, sarana dan prasarana yang sudah terbangun dengan uang negara, akan tidak mubazir.



Menpora mengakui selama ini Kemenpora tidak punya pusat pelatihan olahraga terpusat yang bisa digunakan untuk menghadapi persiapan berbagai cabang olahraga menghadapi kompetisi multi event seperti SEA Games, Asian Games dan Olimpiade. "Cita cita awal pembangunan ini sungguh mulia, dan tidak ada satupun yang menginginkan pembangunan ini berhenti. Kita akan lihat apakah mungkin kita kuatkan Hambalang dengan membangun sarana pendidikan olahraga seperti Ragunan atau mungkin seperti perguruan tinggi ilmu olahraga," jelas Menpora saat meninjau Proyek Hambalang tersebut.



Menurutnya, tidak ada lembaga yang melarang Kompleks Hambalang ini dilanjutkan. Namun untuk melanjutkan pembangunan, tetap dikaji lebih dulu oleh semua pihak terkait, mulai dari aspek hukum, anggaran dan teknis pelaksanannya.(exe)


0 Komentar