Selasa, 23 Februari 2016 18:56 WIB

LKH Beri Solusi Timbunan Sampah di Bekasi

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LKH) mendorong Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, membeli produk pengelolaan sampah oleh warga.

“Cara tersebut adalah solusi untuk memotivasi warga agar sama-sama bergerak mengurangi timbunan sampah di lingkungannya,” kata Kepala Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian LHK, Sudirman, di Bekasi, Selasa (23/02).

Menurut dia, upaya mengurangi sampah harus dilakukan dari hulu, yakni dengan melibatkan peran serta masyarakat. Produk hasil olahan sampah yang bisa dibeli pemkot antara lain adalah kompos yang diproses dari sampah organik.

Kompos bisa dimanfaatkan untuk program penanaman di lingkungan sekolah, ruang publik, dan fasilitas lainnya. “Kalau pemkot mau membeli kompos warga, mereka pasti akan lebih semangat mengelola sampah. Perputaran uang juga tidak akan keluar dari Kota Bekasi,” katanya, seperti dikutip Antara.

Sudirman mencontohkan Surabaya, yang sukses menerapkan kebijakan tersebut. Hasilnya, dari 1.800 ton sampah yang diproduksi setiap hari, sebanyak 900 ton diolah menjadi kompos.

“Kota Bekasi yang seharinya memproduksi 1.300 ton sampah juga bisa meniru cara tersebut. Kalau usulan kebijakan ini bisa diimplementasikan, kemudian Tempat Pembuangan Akhir Sumur Batu ditata dengan baik, tidak mustahil Kementerian LHK bakal menganugerahkan Piala Adipura,” katanya lagi.(exe)KLH Beri Solusi Timbunan Sampah di Bekasi
0 Komentar