Sabtu, 20 Februari 2016 15:14 WIB

Alutsista di Pekanbaru Bakal Dilengkapi

Editor : Yusuf Ibrahim


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, menyatakan akan terus melengkapi alat utama sistem persenjataan (alutsista), terutama penambahan pesawat tempur F16 di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau. “Alutsista di sini (Lanud RSN) akan dilengkapi secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut,” katanya di Pekanbaru, Jumat (19/02).

Namun, ia tidak menargetkan kapan penambahan pesawat untuk Skuadron F16. Untuk diketahui, saat ini Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru memiliki dua skuadron, masing-masing mengoperasikan pesawat Hawk dan F16.

Ia mengatakan, secara keseluruhan Kementerian Pertahanan telah mengembangkan penambahan sistem pertahanan. Penambahan terutama di kawasan pesisir yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

“Sudah dikembangkan, di Natuna sudah dibangun satu flight pesawat tempur, tiga fregat (kapal perang), kemudian ada marinir, phaskas, dan perlengkapan lain yang sedang berjalan. Di sini (Lanud RSN) juga akan dilengkapi,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Lanud RSN, Marsma TNI Henri Alfiandi, menargetkan bahwa seluruh skuadron akan dilengkapi hingga 2017 mendatang. Selain menargetkan kelengkapan Alutsista, ia juga menyoroti perpanjangan run way atau landasan pacu.

“Kami akan memperpanjang run way sehingga F16 dapat langsung ke Natuna,” ujarnya.

Menurutnya, landasan pacu yang ada saat ini belum ideal sehingga daya angkut bom sedikit. “Kalau run way nya panjang, F16 dapat mengangkut bom yang seharusnya.”

Danlanud turut menyampaikan sejumlah catatan yang disampaikan Menhan selama kunjungannya yang berlangsung sekitar 4 jam tersebut. Ia mengatakan, mantan Kepala Staf TNI AD itu menyoroti keberadaan landasan pacu yang juga digunakan untuk penerbangan sipil.

Menurut Menhan, jelas Henri, hal itu perlu dibenahi dengan membangun landasan pacu paralel sehingga mempermudah antara penerbangan sipil dan militer.(exe/ist)

 


0 Komentar