Jumat, 12 Februari 2016 16:58 WIB

7 Gubernur dan Wakil Dilantik Presiden di Istana

Editor : Danang Fajar
Laporan: Efendi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sebanyak tujuh gubernur dan wakil gubernur, hasil Pilkada serentak, Jumat (13/2/2016) siang dilantik Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara. Diantara mereka yang dilantik, tampak Gubernur Kalimantan Utara Irianto Basire dan Wakilnya, Udin Hianggio.

Kepada para gubernur dan wakil gubernur itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahyo Kumolo, yang mendampingi Presiden dalam pelantikan berpesan agar gubernur dan wakil  gubernur dengan giat menjalankan pembangunan di daerah.

“ Gubernur dan wakil gubernur itu perpanjangan tangan Presiden. Untuk menguatkan otonomi daerah, gubernur dan wakil gubernur itu harus sejalan  dengan Presiden, “ kata Mendagri, Tjahyo Kumolo.

Menurut Tjahyo Kumolo, Gubernur dan wakilnya dilantik melalui Kepres, berbeda dengan walikota dan bupati yang dilantik melalui SK Mendari dan dilantik di ibu kota provinsi . Setiap Gubernur dan wakilnya wajib hukumnya melaksanakan keputusan politik pembangunan pemerintah pusat.

Ditambahkan Mendagri, Presiden Joko Widodo berharap gubernur, walikota, dan bupati harus satu komando dalam mengambil kebijakan, visi misi , dan nawacita yang diinginkan Presiden. “ Nawacita harus dilaksanakan dengan rasa tanggung jawab, “ ujar Mendagri.

Berikut 7 pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik Jokowi hari ini:

1. Irianto Basire-Udin Hianggio (Kalimantan Utara)

  1. Muhammad Sani-Nurdin Basirun (Kepulauan Riau);
    3. Zumi Zola-Fachrori Umar (Jambi);
    4. Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah (Bengkulu);
    5. Irwan Prayitno-Nasrul Abit (Sumatera Barat)
    6. Sahbirin Noor-Rusdi Resnawan (Kaimantan Selatan)

  2. Oly Dodonkambey – Steven Kambey (Sulawesi Utara)


0 Komentar