Sabtu, 09 Juli 2022 11:29 WIB

LG Perkenalkan Mesin Cuci Terbarunya, AI DD dengan EzDispense™

Editor : Yusuf Ibrahim
LG AI DD dengan ezDispense™. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bila serius memandangnya sebagai bagian dalam merawat kualitas baju, mencuci dengan mesin cuci merupakan sebuah tantangan tersendiri.

Apalagi saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini harus memerlukan mesin cuci yang memiliki kapasitas besar. Dengan perkiraan sendiri soal jumlah pakaian yang dicuci, ditambah selalu adanya kekuatiran cucian tak cukup bersih, tak jarang justru penggunaan deterjen menjadi berlebihan.

Alih-alih menjadi bersih, yang didapat justru menurunnya kualitas seperti warna pada pakaian karena penggunaan deterjen berlebihan. Untuk itu, LG memperkenalkan mesin cuci terbarunya, mesin cuci LG AI DD dengan ezDispense™.

Mesin cuci ini memiliki kapasitas 13 kilogram untuk pencucian dan 8 kg untuk pengeringan. Sehingga akan lebih mudah untuk menangani jumlah cucian besar dalam satu kali pencucian dengan diterjen yang cukup. Namun yang membuatnya istimewa, ada pada berbagai kecerdasan yang tersemat di dalamnya.

Merujuk pada namanya, mesin cuci LG AI DD dengan ezDispense™ ini dilengkapi dengan teknologi LG AI DD yang dikenal sebelumnya berkat kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang memiliki kemampuan mesin cuci ini mengenali berat muatan hingga jenis bahan pakaian. Hal ini kemudian digunakan untuk menentukan siklus pencucian paling sesuai secara otomatis. Pada seri terbarunya ini, LG menambahkan kecerdasannya dengan ezDispense™.

Sekilas bentuknya tak ubahnya sebuah wadah menaruh dispenser yang terbagi dua. Namun demikian, tak sesederhana itu fungsinya. “Berkolaborasi dengan teknologi AI DD, ezDispenseTM dirancang mampu menentukan takaran tepat jumlah deterjen yang dibutuhkan untuk setiap kali pencucian,” ujar Rumbi Simanjuntak Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia.

Selain kerepotan menentukan takaran deterjen yang tepat, menurutnya lagi, keberadaan ezDispense™ menghindarkan pengguna dari kewajiban mengisi deterjen setiap kali akan melakukan pencucian. Hal ini karena wadah pintar deterjen ini dirancang memiliki kapasitas tampung hingga 35 kali pencucian untuk detergen cair. Apalagi, ezDispense™ terhubung dengan sensor pada mesin cuci yang memberikan sinyal pada pengguna saat jumlah deterjen pada titik minimal sebagai tanda diperlukannya pengisian ulang.

Bila pengguna memiliki kebutuhan untuk menggunakan pelembut (softener) saat pencucian, wadah yang terbagi dua ini dapat dimanfaatkan secara manual untuk bergantian antara deterjen dan softener. Sementara soal pembersihan wadah ini pun tak susah. Cukup dengan menekan tombol Dispenser Clean pada penampang depan mesin cuci ini, akan memerintahkannya untuk membersihkan ezDispense™ dengan aliran air selama tujuh menit.

Selain kemudahannya, keberadaan ezDispense™ ini juga memberikan penghematan signifikan bagi penggunaan deterjen. Dalam penelitian yang dilakukan LG didapatkan hasil, ezDispense™ dapat memberikan penghematan 3,350 mili liter deterjen untuk setiap 100 kali pencucian.

“Penghematan dari jumlah deterjen yang tanpa sadar terbuang selama ini. Tanpa sadar pula, keberadaan ezDispense ini memberi peluang lebih bagi pengguna untuk berperilaku lebih ramah lingkungan,” ujar Rumbi Simanjuntak.

Sementara itu mengenai performa pembersihan pakaian dari berbagai noda pun, bukan masalah besar bagi mesin cuci FV1413H2BA ini. Keberadaan TurboWash™360 yang menjadi kolaborasi kerja empat aliran deras air dari bagian atas dan pergerakan tabung cuci yang terinspirasi dari gerakan mencuci dengan tangan, membuat deterjen dapat merasuk hingga ke serat halus pakaian untuk melepaskan berbagai noda yang melekat. Tak hanya itu, teknologi istimewa milik LG ini membuat proses pembersihan ini hanya membutuhkan waktu 39 menit.(mir)


0 Komentar