Senin, 26 Februari 2018 08:13 WIB

Ingin Jokowi Dag Dig Dug, Paksa Capres 3 Pasang

Editor : Rajaman
Jokowi dan Prabowo. (ist).

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dukungan PDIP sebagai partai ke-8 yang mengusung Jokowi sebagai calon presiden , menyisakan hanya 5 partai politik yang belum menyatakan mendukung capres. 

Ke-5 partai tersebut yakni Gerindra, PKS, Pan, PKB, Demokrat.Melihat pada komposisi 5 parpol ini nampak Gerindra dan PKS akan mengusung kembali Prabowo Subinto sebagai capres.

"Jika melihat komposisi sekarang, Gerindra dan PKS satu suara dalam mengusung capres.Dan bila komposisi ini benar, maka tinggal menyisakan Demokrat, PAN dan PKB," kata Direktur Eksekutif Polcomm Institute, Heri Budianto dalam keterangan pers, Senin (26/2/2018). 

Heri berpendapat, ke-3 parpol ini jika mengusung calon sendiri maka akan membuat koalisi capres baru."Koalisi ini bisa menjadi kuda hitam dan akan membuat Jokowi dag dig dug," terang dosen Universitas Mercu Buana ini.

Pilkada DKI, lanjut Heri, bisa jadi contoh dengan 3 pasang incumbent dapat dikalahkan. Jika tetap 2 pasang, maka peluang Jokowi kembali masih sangat besar. "Jika partai partai ingin Jokowi berdebar, maka paksa bertarung  3 pasang," tegasnya. 

Ia menilai, situasi politik ini harus dikaji betul oleh parpol. Siatuasi sekarang memang Jokowi berada dalam posisi sangat diuntungkan, bukan hanya elektabilitas paling tinggi. Namun mindset parpol saat ini lebih mengincar calon wapres. 

"Pertarungan parpol sekarang lebih pada posisi wapres, namun pak jokowi akan memilih satu cawapres pada akhirnya," tandas Heri.

 


0 Komentar