Kamis, 23 Februari 2017 17:57 WIB

Kuota Haji Jawa Barat 2017 Sebanyak 38.852 Orang

Editor : Hermawan
Ilustrasi.

BANDUNG, Tigapilarnews.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat menyatakan jumlah kuota haji untuk Provinsi Jawa Barat pada tahun 2017 sebanyak 38.852 orang.

"Alhamdulillah, untuk tahun ini Jawa Barat mendapat jatah kuota haji dari pemerintah sebanyak 38.852 orang. Jumlah tersebut naik dibanding tahun-tahun sebelumnya yakni r37.366 orang," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Barat Azam Mustazam, ketika dihubungi melalui telepon, Kamis (23/2/2017).

Ia menuturkan nantinya kuota haji tersebut akan didistribusikan ke 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. "Dan tahun ini, Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah kuota haji paling banyak di Indonesia," kata dia.

Menurut dia, banyaknya jumlah kuota yang diberikan pemerintah ke Jawa Barat karena tingginya minat warga yang ingin melakukan ibadah haji. "Memang dari tahun ke tahun terus jumlah pendudukanya juga paling banyak," ujarnya.

Ia mengatatakan, penambahan kuota ini juga cukup berdampak terhadap urutan daftar tunggu para calon jemaah haji namun tidak terlalu banyak.

"Itu hanya berpengaruh terhadap dua kloter saja. Adanya penambahan ini ada pengaruh tapi memang tidak terlalu signifikan. Urutan waiting list naik," kata dia.

Dia mengatakan saat ini daftar tunggu jemaah haji Jawa Barat sudah mencapai 600.000 orang dengan perkiraan berangkat 17 tahun kemudian.

"Untuk sekarang daftar tunggu ada sebanyak 600.000 orang. Wakjtu tunggunya mencapai 17 tahun untuk berangkat," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan jika ingin mengurangi waktu tunggu maka Jabar butuh kuota lebih dari 70.000. "Hal ini juga hanya bisa mengurangi waktu tunggu menjadi 16 tahun," kata dia.

sumber: antara


0 Komentar