Selasa, 14 Januari 2020 12:49 WIB

Ratusan Hewan Peliharaan Dapat Layanan Kesehatan

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pelayanan kesehatan diberikan Sudis Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Utara terhadap hewan dan ternak peliharaan.

Kegiatan ini dilakukan secara bertahap di beberapa titik kecamatan. Kasudis KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala memaparkan sedikitnya ada 467 ekor yang telah dilakukan pelayanan kesehatan pihaknya. Mereka dilayani tercatat di sejumlah titik banjir dan genangan yang tersebar.

“Program ini merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Daerah (Pemda) DKI dalam menanggulangi hewan kesayangan dan ternah yang terdampak genangan,” ujar Rita, Selasa (14/1/2020).

Beberapa lokasi itu, yakni Kelurahan Pejagalan dan Kapuk Muara, Penjaringan, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Kelurahan Tugu Selatan dan Lagoa, Koja, serta Kelurahan Rorotan dan Semper Timur, Cilincing.

“Antusias pemilik hewan datang ke pelayanan kami cukup tinggi. Karena mereka menyadari kesehatan hewan kesayangannya agar tidak terserang penyakit akibat genangan saat itu,” jelasnya.

Hingga berita ditulis, Rita memaparkan hewan peliharaan dan ternak yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan yakni 268 ekor kucing, 49 ekor anjing, 74 ekor kambing, 75 sapi, dan satu ekor berang-berang.

Terpisah, Dokter Hewan Sudin KPKP Jakarta Utara, dr Ina Nusantri menjelaskan hewan peliharaan dan ternak terdampak genangan rata-rata mengalami gangguan kesehatan seperti diare, sakit kulit, hingga sakit mata. Setelah mendapatkan pelayanan, dr Ina yakin hewan tersebut akan pulih seperti semula.

“Kita juga memberikan bantuan pakan kepada pemilik untuk hewan kucing dan anjing. Seluruh pelayanan di Klinik Hewan dan Rescue gratis. Pemilik juga bisa datang ke Kantor Sudin KPKP Jakarta Utara jika hewan peliharaan yang mengalami gangguan kesehatan akibat dampak genangan,” tutupnya.(ist)


0 Komentar