Kamis, 28 November 2019 12:35 WIB

Garuda Operasikan AirbusA330-990 Neo

Editor : Yusuf Ibrahim
A330-900neo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Maskapai Garuda Indonesia mulai mengoperasikan armada A330-900neo pertamanya sebagai bagian dari langkah strategis perusahaan dalam program revitalisasi armada.

Pesawat baru tersebut resmi masuk armada operasional Garuda dengan registrasi PK-GHE. Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengungkapkan, hadirnya armada Airbus perdana seri A330-900neo yang merupakan bagian dari program revitalisasi armada sejak tahun 2012 diharapkan dapat memperkuat kinerja layanan operasional perusahaan.

"Bergabungnya armada Airbus A330-900neo dalam jajaran armada Garuda Indonesia ini memiliki arti penting bagi komitmen Garuda Indonesia untuk terus berakselerasi memberikan nilai lebih bagi para pengguna jasa dengan menghadirkan ragam teknologi baru dalam pengalaman penerbangan yang direpresentasikan melalui hadirnya armada A330-900neo," ujar Ari dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/11/2019).

Dia mengaku bangga dapat menyambut kehadiran armada A330-900neo yang dilengkapi berbagai teknologi terbaru yang tidak hanya menghadirkan kenyamanan namun memiliki aspek keunggulan berupa penghematan konsumsi bahan bakar yang mampu mencapai 25% per kursi dibandingkan generasi sebelumnya.

"Pesawat canggih generasi terbaru ini akan membantu Garuda Indonesia memperluas konektivitas, dan dalam waktu yang bersamaan mendorong terciptanya peluang lebih besar untuk potensi pariwisata nasional, bisnis dan perdagangan," katanya.

Ari menambahkan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menyajikan "The New Flight Experience" di setiap penerbangan, para pengguna jasa juga akan menikmati nilai tambah kenyamanan dengan desain dan fitur terbaru seperti kabin yang lebih luas, sistem Airspace Cabin Lighting (full LED), koneksi internet nirkabel (wifi) generasi terbaru high throughput satellite (HTS) dengan kecepatan hingga 80 mbps/detik, fasilitas In-Flight Entertainment (IFE) generasi ke-5 dengan layar 17 inchi di kelas bisnis dan 12 inchi di kelas ekonomi, serta USB Plug dan power outlet di setiap kursi.

"Khusus untuk kelas bisnis, kursi di armada Airbus A330-900neo memiliki desain khusus yaitu tipe Opal sebagai generasi terbaru kursi kelas bisnis yang akan memberikan kenyamanan lebih dan mewah bagi para pengguna jasa," imbuhnya.

Ari mengatakan, secara keseluruhan Garuda Indonesia memesan sebanyak 14 armada Airbus A330-900neo yang akan dikirimkan secara bertahap hingga tahun 2022. "Tiga armada Airbus A330-900neo yang telah tiba akan digunakan untuk rute penerbangan domestik seperti Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Makassar pp, Jakarta-Kualanamu pp, Jakarta-Denpasar pp, dan kedepannya akan digunakan untuk rute penerbangan internasional seperti Jakarta-Amsterdam pp," tuturnya.

Adapun konfigurasi Airbus A330-900neo ini terdiri atas 24 kursi di kelas bisnis dan 277 kursi di kelas ekonomi dengan jarak tempuh mencapai 13.000 km dan maksimal penerbangan hingga 14,5 jam tanpa henti.

Di tahun ini, Garuda akan menerima lima armada yaitu tiga armada yang akan digunakan untuk rute penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor registrasi PK-GHE, PK-GHF, dan PK-GHG sedangkan dua armada lainnya akan diserahkan kepada anak perusahaan, Citilink Indonesia.

"Kita berencana akan terbang ke Jeddah dan negara-negara lainnya di Asia atau bahkan Eropa dengan pesawat baru tersebut," kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra.(ist)


0 Komentar