Kamis, 28 November 2019 12:29 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Disebut Lebih Baik dari China

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa perkembangan ekonomi Indonesia saat ini semakin membaik.

Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini lebih stabil dibandingkan sejumlah negara yang tergabung dalam G20.

Bahkan, Jokowi menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini masih lebih baik ketimbang China dan India. "Kita lihat di G20 kita itu pertumbuhan ekonominya ranking ketiga. Ini yang patut kita syukuri karena kita masih lebih baik dibandingkan India dan China. Rasa optimisme ini kita kembangkan jangan sampai kita berada di posisi tertekan di kondisi eksternal perang dagang," ujar Jokowi di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Dia optimis bahwa ekonomi Indonesia akan semakin kuat seiring kebijakan pemerintah yang difokuskan untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. "Saya ingin menunjukkan (posisi) Indonesia ada dimana, agar kita ada rasa optimeme, yang mana dibandingkan negara lainnya kita jauh lebih baik, terutama berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Presiden pun menegaskan akan terus menjaga pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) agar semakin kokoh dan baik. APBN, tegas Jokowi, diposisikan sebagai stimulus dalam mengembangkan ekonomi nasional. "Artinya APBN itu memicu dan menstimulasi agar ekonomi kita terus bergerak," tandasnya.

Untuk diketahui, produk domestik bruto (PDB) China pada kuartal III/2019 hanya tumbuh 6% (year-on-year/yoy). Sementara PDB India di kuartal II/2019 hanya tumbuh sebesar 5%. Pertumbuhan ekonomi kedua negara tersebut memang tengah mengalami tren penurunan. Sementara itu, pertumbuhan PDB Indonesia selama beberapa kuartal terakhir stagnan di angka 5%-an.(ist)


0 Komentar