Kamis, 28 November 2019 09:23 WIB

Kemenpora Harap Dispora Bersinergi dengan DILo

Editor : Yusuf Ibrahim
Workshop Intensif Digital Innovation Lounge (DILo) di Balikpapan, Kalimantan Timur. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga Bekerjasama dengan PT Telkom menggelar Workshop Intensif Digital Innovation Lounge (DILo) di Balikpapan, Kalimantan Timur, 27-29 November 2019.
 
Selain meningkatkan kreativitas pemuda di bidang Teknologi dan Informasi (TI) di era digital, Workshop ini dan kegiatan sejenis di beberapa daerah lain, diharapkan bisa meningkatkan sinergi kegiatan antara Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota/Provinsi dengan DILo yang kini sudah ada di 17 Provinsi.
 
“Tahun ini, Kemenpora bekerjasama dengan PT Telkom menggelar pelatihan dan workshop bidang IT di lima provinsi. Ini di luar kegiatan Pelatihan Peningkatan Kreativitas Pemuda Bidang Teknologi dan Informasi (TI) yang digelar Kemenpora sendiri. Balikpapan ini menjadi titik keempat dan yang kelima di Yogyakarta pada awal Desember mendatang,” jelas Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora, Djunaedi yang membuka Workshop Intensif tersebut di Balikpapan Creative Center, Rabu (28/11).
 
Djunaedi menegaskan, di era digital ini, para pemuda harus banyak mendapatkan pelatihan di bidang IT agar kreativitasnya terasah dan tersalurkan dengan baik serta dapat produktif. Karena itu, sinergi antara Dispora Provinsi atau Kota dengan DILo harus dilakukan karena anggaran dari pusat sendiri terbatas.
 
Workshop Intensif ini akan berlangsung tiga, 27-29 November 2019. Workshop di Balikpapan ini fokus pada keterampilan coding. Acara pembukaan dihadiri perwakilan Dispora Provinsi Kalimantan Timur, Dispora Kota Balikpapan, GM Telkom Kota Balikpapan dan Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Arita Rizal Effendi bersama pejabat SKPD Pemkot Balikpapan.
 
Workshop intensif ini diikuti 40 pemuda, termasuk pelajar dan mahasiswa yang tertarik dengan bidang TI. Sebelumnya, Workshop DILo kerjasama PT Telkom dengan Kemenpora ini digelar di Jakarta, Medan dan Makassar.
 
Dalam kegiatan di Balikpapan ini, kaum muda milenial peserta Workshop mendapatkan materi seputar Coding dari para pakar, baik lokal maupun nasional. Salah satu narasumber yang mengisi acara adalah Guru Besar Universitas Negeri Jakarta, Prof. Madhakomala.
Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kalimantan Timur, Agus Tianur mengapresiasi kegiatan yang digelar Kemenpora dan PT Telkom ini. Juga bangga dengan antusiasme pemuda di daerahnya untuk ikut kegiatan ini.
 
“Saya berharap Pelatihan ini memberikan manfaat dan meningkatkan kreativitas pemuda di sini, sehingga bidang IT di Kalimatan Timur juga mengalami kemajuan,” ungkapnya.(ist)

0 Komentar