Selasa, 19 November 2019 12:27 WIB

Kampung Tematik Ciharashas Diharap Mampu Bawa Manfaat Ekonomi bagi Warga

Editor : Eggi Paksha
Kampung tematik Ciharashas. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemkot Bogor akan mengembangkan kampung tematik Ciharashas, Kelurahan Mulyaharja, Bogor Selatan, Kota Bogor pada tahun depan.

Pembangunan kampung tematik itu sebagai bentuk intervensi dan pembinaan secara berkesinambungan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kampung Ciharashas ini sebagai pemenang lomba Bogorku Bersih 2019, sehingga layak untuk dikembangkan. Kita akan menganggarkan dana sebesar Rp2 miliar untuk pengembangan kampung tematik Ciharashas ini," ungkap Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, Senin (18/11/2019).

Sedangkan untuk kampung lain, lanjut Bima, Pemkot Bogor juga tetap melakukan pembinaan dan pengembangan dengan melihat apa saja yang menjadi kebutuhannya.

"Akan kita lihat dari usulan pada musrenbang. Untuk kampung tematik Ciharashas, saya akan memprioritaskan pengembangannya dengan membangun infrastruktur agar menjadi destinasi wisata yang nyaman, sehingga diharapkan meningkatkan tingkat kunjungannya," ujarnya.

Sementara itu, Camat Bogor Selatan, Atep Budiman menuturkan, anggaran Rp2 miliar itu rencananya akan digunakan untuk pengembangan kampung tematik di Kelurahan Mulyaharja prosesnya sudah dilakukan jauh-jauh hari.

"Fakta yang ada di kampung tematik memang sudah berjalan, bahkan sebelum mendapatkan predikat juara banyak kunjungan dari luar, ditambah predikat juara tingkat nasional memperkuat komitmen dan tekad kami untuk lebih mengembangkannya lagi," tutur Atep.

Atep berharap ke depan kampung tematik Ciharashas mampu membawa manfaat secara ekonomi bagi warga setempat. "Selain infrastruktur agar lebih representatif, anggaran dari APBD akan digunakan untuk sosialisasi dan promosi ke luar, sehingga nantinya mampu mendatangkan banyak pihak untuk berkunjung," ucapnya.

Adapun wisata yang ditawarkan kata Atep, lebih kepada wisata edukasi, di antaranya menanam padi organik, budidaya maggot, tanaman obat keluarga (TOGA), PKWT dan lainnya.(ist)


0 Komentar