Selasa, 29 Oktober 2019 12:58 WIB

Semarang Percepat Pemasangan 10.000 CCTV

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi terus berupaya secepatnya mengaplikasikan sistem pengawasan di Kota Semarang melalui pemasangan 10.000 CCTV.

Upaya itu menjadi fokus untuk meningkatkan keamanan warga di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini. Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu menegaskan, pentingnya percepatan realisasi pemasangan kamera pengawas yang akan terintegrasi dengan Situation Room milik Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dan Polrestabes Semarang.

Pasalnya, hal itu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Dia menyampaikan, sejumlah wilayah di Kota Semarang telah siap dipasangi CCTV pada awal November ini. Pihaknya meyakinkan jika survei wilayah yang akan dipasangi perangkat kamera pengawas nantinya diupayakan untuk dapat selesai pada bulan Oktober ini.

"Dari laporan masyarakat yang saya terima dari sistem Lapor Hendi, Call Center 112, hingga media sosial, sistem pengawasan kota secara visual ini mendesak segera direalisasikan, untuk kemudian pihak-pihak terkait dapat lebih mudah dalam mengantisipasi potensi-potensi tindakan kriminal yang mungkin terjadi," tandas Hendi.

"Maka dalam minggu-minggu ini seharusnya survei lokasi dan pembahasan spesifikasi kamera pengawas sudah selesai, yang kemudian perangkatnya dapat segera dipasang," tandasnya.

Terpisah, Camat Semarang Selatan, Eko Yuniarto mengungkapkan pemasangan CCTV di wilayahnya ditargetkan dapat dimulai pada awal November, sesuai yang diminta Wali Kota Semarang.

"Di Kecamatan Semarang Selatan sendiri pada minggu ini survei lokasi yang akan terpasang CCTV sudah selesai. Dan untuk CCTV nya yang akan dipasang sendiri kemarin sudah dicoba untuk diintegrasikan," ungkap Eko. "Jadi sesuai yang diharapkan Pak Wali, untuk Kecamatan Semarang Selatan awal bulan November sudah terpasang semua," ujarnya.

Di satu sisi, selain memasang kamera pengawas di 10.000 titik yang ada di Kota Semarang, Hendi juga berupaya untuk dapat mengintegrasikan CCTV milik pribadi yang sudah ada di Kota Semarang, agar dapat diintegrasikan dengan Situation Room Pemkot Semarang dan Polrestabes Semarang.

Orang nomor satu di Kota Semarang itu meyakini dengan konsep pembangunan Kota Semarang saat ini dengan bergerak bersama, maka peningkatan pengawasan kota untuk dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat tidak dapat dilakukan oleh pemerintah saja. "Jadi targetnya tidak terbatas pada 10.000 CCTV yang akan dipasang, tapi titik pengawasannya bisa lebih dari itu," pungkasnya.(ist)


0 Komentar