Jumat, 25 Oktober 2019 14:32 WIB

Banyak Tugas Menanti Menkominfo

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, diminta langsung bekerja cepat.

Pasalnya, dunia digital begitu dinamis dan cepat berubah. Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar, Meutya Hafid mengatakan, banyak tugas yang menanti Menkominfo baru, Johnny G. Plate.

Di antaranya pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi, pembangunan infrastruktur ICT untuk pemeratan informasi dan menekan digital Gap, dan tentunya penguatan ekonomi digital.

“Pak Johnny Plate harus langsung nge-gas setelah terpilih, jangan berkutat di tataran narasi atau koordinasi di sana-sini. Dunia digital begitu dinamis dan cepat berubah,” kata Meutya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/10/2019).

Menurut dia, RUU Perlindungan Data Pribadi harus menjadi prioritas utama, karena penyalahgunaan data pribadi masyarakat sudah pada level meresahkan. Bukan hanya fintech yang memanfaatkan data nasabah untuk kemudian meneror semua kontak di mobile nasabah, tetapi juga Facebook yang dimainkan anak muda hingga orang tua Indonesia, dicuri dan disalahgunakan untuk berbagai hal diantaranya politik dan bisnis.

"Dari kajian yang kami lakukan, ada 1.096.666 data pengguna Facebook Indonesia dicuri," ujarnya. 

Pembangunan infrastruktur ICT dan penguatan ekonomi digital menjadi tugas bersama baik legislatif maupun eksekutif. Dia melanjutkan, di periode sebelumnya Jokowi sudah berhasil menyelesaikam Palapa Ring Barat-Tengah-Timur.

Namun, menurut dia perlu dilengkapi, karena infrastruktur ICT di seluruh Indonesia masih belum mencukupi, terutama di wilayah timur Indonesia. "Saya berharap tahun 2024 seluruh masyarakat Indonesia sudah bisa mengakses internet sehingga bukan hanya mendapatkan akses informasi, tetapi juga dapat mendorong ekonomi kita," katanya.

Dia melanjutkan, petani lebih mudah memasarkan hasil pertaniannya, beras dari petani lokal semakin mudah didapatkan konsumen, hingga anak muda yang membuat start-up semakin mudah berinovasi dan memasarkan produknya.

"Menkoimfo yang baru, Johnny Plate, diharapkan juga dapat cepat belajar, tidak boleh ada kesalahan karena diawasi langsung 150 juta pengguna internet Indonesia, yang selalu memantau berbagai kebijakan kominfo melalui media sosial," pungkasnya.(ist)


0 Komentar