Jumat, 18 Oktober 2019 11:27 WIB

CFD di Sudirman-MH Thamrin Ditiadakan

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi car free day (CFD). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Acara pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) di Gedung DPR/MPR pada Minggu, 20 Oktober 2019, berimbas pada ditiadakannya car free day (CFD) di Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta.

"Iya betul (CFD ditiadakan)," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi, Jumat (18/10/2019).

Menurut Syafrin, peniadakan CFD pada Minggu lusa dilakukan untuk menghormati acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Alasannya tentu pertama, kita menghormati proses pelantikan kepala negara dan wakil presiden, gitu kan. Kedua, kita memberikan ruang kepada publik untuk yang akan menghadiri acara tersebut, menyaksikan, seperti itu," jelas dia.

Alasan lain tentu demi meningkatkan kelancaran lalu lintas dan keamanan dalam pelantikan presiden dan wakil presiden. Dia berharap kegiatan puncak pesta demokrasi 2019 itu berjalan dengan tertib dan aman.

Upacara pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan Presiden dan Wakil Presiden terpilih itu berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Ada pun susuna acara pelantikan presiden dan wakil presiden antara lain, sidang parpurna dimulai dari pukul 14.30 WIB diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian dilanjutkan mengheningkan cipta yang akan dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo. Lalu dilanjutkan dengan pembukaan dan pembacaan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang Penetapan Jokowi-Ma’ruf Amin Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih.(ist)


0 Komentar