Selasa, 15 Oktober 2019 16:20 WIB

KOI Bangga dengan Catatan Karate di World Beach Games 2019

Editor : Eggi Paksha
Zigi (kiri) dan Harry (kedua dari kiri). (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Atlet karate Indonesia, Ahmad Zigi Zaresta, masih belum beruntung membawa pulang medali dari ajang World Beach Games 2019 yang bergulir di Katara Beach, Doha, Qatar. Dirinya turun di nomor kata perseorangan putra.
 
Zigi menjelaskan, kegagalan terjadi karena kurang beradaptasi dengan arena pasir yang digunakan. Dengan begitu, penampilannya pun jadi tidak maksimal.
 
"Jadi itu merupakan kejutan buat saya. Saya sedikit melakukan kesalahan karena kita bermain di pasir dan memang karena pasirnya tidak padat dan disiram sama air. Tapi, karena sering di pakai main yang lain jadi itu enggak rata," kilah Zigi ketika mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, 14 Oktober 2019.

Zigi mengaku jika dirinya tidak sempurna saat melakukan gerakan yang seharusnya bisa menuntungkannya. "Saya mengaku gerakan masih kurang sempurna saat menghadapi atlet dari Amerika," ucapnya.
 
Meski begitu, lanjut Zigi, masih ada tugas yang harus dilakukan setelah World Beach Games 2019. Ia menambahkan harus memperbaiki prestasi untuk SEA Games 2019 Filipina.
 
"Kalau kemarin (World Beach Games 2019) tidak ada target. Tapi, saya sendiri berusaha main maksimal dan menikmati setiap babak. Pertandingan itu juga sebagai uji coba untuk Sea Games 2019," katanya.
 
Zigi gagal merebut medali perunggu setelah dikalahkan oleh Gakuji Tokaji asal Amerika Serikat. Saat itu, Zigi mampu meraih 24,54 poin, sementara Gakuji sebanyak 25,01 poin.
 
Wakil Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Harry Warganegara, menjelaskan kontingen Indonesia di World Beach Games 2019 hanya menurunkan 16 atlet untuk tampil di tiga cabang olahraga. Pihaknya juga tidak memasang target di ajang tersebut.
 
"Kita tidak menargetkan mendaparkan medali, tapi karena teman-teman ini semua seperti Zigi dan lain lain masih sangat muda dan ini adalah satu forum, jadi kita fasilitasi. Gelaran ini juga ajang uji coba para atlet untuk menghadapi SEA Games 2019," kata Harry di lokasi yang sama.

Ia mengaku sangat terkejut karate Indonesia bisa masuk empat besar dalam ajang World Beach Games 2019. Selain itu, pihaknya pun mendukung cabor yang diberangkatkan menuju ke Doha, Qatar.
 
"Kita dari stakeholder olahraga siap mendukung untuk berpatisipasi di ajang single event dunia untuk kualifikasi dan mudah-mudahan mereka bisa menjadi juara Olimpiade, apalagi karate menjadi tumpuan ajang Olimpiade 2020 Tokyo," pungkasnya.(ist)


0 Komentar