Senin, 14 Oktober 2019 15:46 WIB

PKS Janji Rasional dalam Kritisi Pemerintah

Editor : Eggi Paksha
Hidayat Nur Wahid (HNW). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak merasa takut menjadi oposisi sendirian.

Hal itu menyikapi Partai Gerindra yang dikabarkan bakal bergabung dengan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) – KH Ma'ruf Amin.

"Kami tidak pernah takut. Karena kami yakin. Kalau PAN keputusannya berada di luar kabinet berarti bersama PKS, jangankan dengan PAN, sendirian saja berani," ujar Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Namun demikian, HNW mengaku, penyataan ini bukan bermaksud menantang. Sebab demokrasi membutuhkan checks and balances.
 

"Bukan ukurannya adalah sedikit atau banyak, tapi kualitas. Sebagaimana yang terlihat pada waktu periode 2015-2019, PDIP kadang-kadang kencang juga mengkritik pemerintah. Kami akan melihat kepada tema atau pada kasus kepada kebijakan yang akan diambil," ujar wakil ketua MPR RI ini.

Dia mengatakan, PKS akan rasional dalam mengkritisi pemerintah nantinya. Dia melanjutkan, kritikan yang diberikan PKS nantinya pun merupakan solusi.

"Kalau memang itu program bagus, maka kami akan mendukung dan akan menguatkan dengan alternatif-alternatif. Kalau kemudian bermasalah kami kritisi, walaupun kami kritisi bukan dengan logika asal beda apalagi dengan pendekatan radikalisme," imbuhnya.(ist)
 

0 Komentar