Jumat, 11 Oktober 2019 11:49 WIB

Sejumlah Pemimpin Dunia Ini Lolos dari Upaya Pembunuhan

Editor : Eggi Paksha
Ronald Reagen. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menkopolhukam Wiranto diserang dua pelaku saat kunjungan kerja ke Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019).

Wiranto diserang seorang pria dengan pisau saat akan mau menyalami warga. Akibat penyerangan itu, Wiranto dan Kapolsek Menes Kompol Dariyanto terkena luka. Wiranto di bagian depan dan kapolsek di bagian belakang.

Ternyata selain Wiranto, sejumlah pemimpin dunia juga pernah diserang. Namun dengan sigapnya para pengawal, mereka berhasil lolos dari upaya pembunuhan tersebut. Berikut daftarnya.

1. Fidel Castro

Fidel Castro merupakan sosok yang sangat dihormati di Kuba.Tentu saja ancaman pembunuhan tidak asing lagi bagi Castro. Pria yang meninggal pada usia 90 tahun tersebut mengalami lebih dari 600 kali percobaan pembunuhan.

Ada satu usaha pembunuhan terhadap dirinya yang menarik. Pembunuhan itu melibatkan mantan kekasihnya. Dikabarkan, ketika mantan kekasihnya itu hendak melepaskan timah panas ke tubuh Castro, ia berhasil meyakinkan sang mantan untuk mengakhiri usahanya itu melalui pendekatan psikologis.

2. Vladimir Lenin

Pendiri Uni Soviet ini ternyata hampir kehilangan nyawanya pada 30 Agustus 1918. Tepatnya ketika ia ditembak tiga kali oleh Fanya Kaplan. Lenin menderita luka di bagian rahang dan pundaknya.

Namun, usaha pembunuhan ini malah semakin membuat dirinya terkenal. Bahkan ia menggunakan penembakan itu sebagai alat untuk semakin menguatkan akarnya di politik Uni Soviet.

3. Adolf Hitler

Pemimpin Nazi Adolf Hitler tidak lepas sebagai target hidup yang harus dihentikan. Dikabarkan, ia nyaris kehilangan nyawanya akibat 42 usaha pembunuhan, namun semuanya gagal.

Satu usaha pembunuhannya yang terkenal dinamai operasi Valkyrie yang dilakukan oleh pihak militernya sendiri. Sebuah tas yang diisi bahan peledak diposisikan sedemikian rupa agar berada di dekat Hitler ketika ia menghadiri pertemuan.

Namun, usaha itu gagal ketika posisi tas tersebut ternyata mengarah dekat salah satu orang loyalnya Jendral Heinz Brandt yang tewas akibat ledakan tersebut. Hitler selamat dengan hanya luka di bagian telinganya.

4. Ronald Reagen

Menjadi pemimpin negara adi daya tentu saja membuat seorang individu menjadi target pembunuhan dari berbagai pihak yang tidak menyukai kebijakannya. Hal ini dialami oleh Ronald Reagen.

Percobaan pembunuhan kepada Reagan terjadi pada 1981yang dilakukan John Hinkely Jr pada 30 Maret 1981. Hinkely disebut menembakkan enam timah panas ke arah Reagan dan salah satu peluru menghantam paru-parunya. Untungnya, Reagan selamat

5. Angela Merkel

Usaha pembunuhan terhadap kanselir Jerman Angela Merkel terjadi pada Agustus 2016. Seorang pria mengendarai mobil Mercedes berjenis 4x4 berwarna hitam dan membidik kendaraan yang ditumpangi Merkel dalam sebuah konvoi mobil di Praha, Rep Ceko.


Untungnya polisi berhasil menghentikan usaha pria tersebut ketika para polisi memperingatkan akan menembak pria itu. Setelah berhasil menangkapnya, polisi Ceko disebut menemukan tongkat polisi, satu kaleng gas air mata, batu bata/beton, serta borgol di mobil milik tersangka. (sndo)


0 Komentar