Rabu, 11 September 2019 18:04 WIB

Tokoh Adat Papua Berikan Lokasi Pembangunan Istana Presiden

Editor : Eggi Paksha
Basuki Hadimuljono. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, membeberkan lokasi pembangunan istana presiden di Papua, yaitu di atas bukit Jembatan Holtekamp di Jayapura.

Pembangunan istana ini, kata Basuki, bermula dari permintaan tokoh adat Papua, Abisai Rollo, saat bertemu Presiden Joko Widodo. Dan Jokowi menyambutnya dengan berencana membangun istana kepresidenan di Bumi Cendrawasih.

"Ide yang saya dapatkan (untuk pembangunan istana) di atas bukit dekat Jembatan Holtekamp. Ada bukit di sana dari tahapan survei," ujar Basuki dalam acara Konferesi Insinyur se-ASEAN di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Dalam tahapan survei yang dilakukan, ada lokasi seluas 10 hektar, yang katanya dihibahkan oleh warga setempat. Hibah ini dilakukan agar pembangunan istana di Papua berjalan lancar.

"Soal (hibah) itu belum tahu. Kemarin katanya sudah punyanya Abisai Rollo. Tapi saya belum tahu karena disana kan banyak kepala suku. Jadi akan kita lihat dulu. Kalau menurut mereka sih oke saja, ada sekitar 10 hektar," terangnya.

Basuki menambahkan pemerintah akan melakukan sayembara terkait dengan desain untuk istana di Papua. Nantinya, istana tersebut akan menjadi kantor Presiden.

"Kami akan lalukan sayembara untuk (desain) istana. Tapi jangan dibayangkan seperti Istana Negara begitu. Ini seperti Wisma Negara sehingga nanti akan menjadi kantor Presiden kalau ada keperluan," jelasnya.(ist)


0 Komentar