Selasa, 03 September 2019 12:34 WIB

Wiranto Jelaskan Arahan Jokowi soal Papua

Editor : Eggi Paksha
Jokowi bersama warga Papua. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengatakan, Presiden Jokowi telah memerintahkan agar dilakukan perbaikan terhadap obyek vital dan fasilitas umum yang rusak pasca kerusuhan di Papua.

Wiranto menegaskan, dari informasi yang diperoleh di lapangan, kondisi di Papua dan Papua Barat telah berangsung pulih dan kondusif. Kata Wiranto, perbaikan terhadap fasilitas umum yang terbakar sudah mulai dilakukan untuk tahap pertama.

"Selanjutnya direncanakan untuk kembali membangun itu agar segera dapat dilaksanakan kegiatan sehari-sehari seperti sebelumnya. Tentu butuh waktu tapi kearah sana sudah mulai dilaksanakan," kata Wiranto di Jakarta, Selasa (3/9/2019).
 

Wiranto mengatakan, kondisi di Papua Barat dikabarkan hingga Senin 2 September waktu setempat secara umum berangsur kondusif. Aktivitas warga pun telah berjalan normal. 

Di samping itu, kata Wiranto, kegiatan damai juga terus dilakukan jajaran Forkompimda bersama tokoh dan masyarakat Papua. Termasuk penambahan pasukan gabungan TNI dan Polri dilakukan untuk memberikan perlindungan terhadap warga di sana.

"Dan kapolri untuk sementara memang melakukan aktifitas di Papua dan Papua Barat kurang lebih sepekan, untuk langsung mengawasi mengendalikan situasi di sana," pungkasnya.(ist)

0 Komentar