Selasa, 03 September 2019 12:10 WIB

Kominfo Siap Bangun Kalimantan Ring

Editor : Eggi Paksha
Menkominfo Rudiantara. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) turut andil dalam mensukseskan rencana pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dalam pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim), dengan membangun infrastruktur komunikasi baru di Kaltim dan membuat satelit khusus yang akan dinamakan Kalimantan Ring.

“Sudah pasti kita akan siapkan lebih dulu sebelum pemindahan dari orang-orangnya, dari kepala negara juga unsur-unsur penyelenggara negara lainnya. Ini sudah disiapkan dilaporkan di ratas (rapat terbatas) kabinet,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Pria yang akrab disapa Chief RA itu menegaskan, bahwa Kominfo bersama dengan kementerian/lembaga lainnya akan memastikan bahwa ibu kota baru nanti tidak akan kalah maju dengan Jakarta. “Menjadikan Kalimantan itu kehandalannya tidak kurang dari seperti di Jakarta,” tegasnya.
 

Karena itu, lanjut dia, Kominfo mempersiapkan pemindahan ibu kota ke Kaltim dari sisi digital. Dan Kominfo bersama dengan teman-teman operator telah merancang jaringan baru di pulau Kalimantan.

“Palapa Ring yang konstruksinya sudah selesai, nantinya kita punya khusus di Kalimantan nanti namanya Kalimantan Ring untuk struktur digital di Kalimantan,” terangnya.
 
Kemudian, sambung Chief RA, untuk kota penyangga ibu kota seperti Samarinda dan Balikpapan, akan ada peningkatan frekuensi internet sehingga jaringannya tidak akan kalah dengan yang ada Jakarta.

“Bukan tidak mungkin Kalimantan memiliki getaway sendiri, bukan pasti tapi konsepnya sudah kita siapakan untuk 10-20 tahun ke depan,” tambah RA.(ist)
 

0 Komentar