Selasa, 27 Agustus 2019 12:50 WIB

Kolesterol dan Nyeri Sendi Takluk dengan Sayur ini

Editor : Eggi Paksha
Daun seledri. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Daun seledri yang bernama latin Apium graveolens L. adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan.

Beberapa negara termasuk Jepang, Tiongkok, dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Sebab tak hanya melezatkan, daun ini ternyata menyimpan sejumlah khasiat yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit dan menyehatkan tubuh, apa saja itu? yuk simak penjelasannya.(sndo)

1. Menurukan Kolesterol
Hal ini diketahui lewat penelitian menggunakan hewan percobaan. Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakalogi di University of Singapura ini menemukan bahwa setelah hewan diberi makanan berlemak tinggi selama 8 minggu kemudian diberikan ekstrak daun seledri, hasilnya kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida mengalami penurunan. 
 

2. Mengurangi Peradangan
Dengan mengonsumsi seledri dapat mengurangi radang sendi yang kamu alami. Selain sendi, peradangan juga bisa menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, jantung dan lainnya. Dengan demikian, rajin mengonsumsi sayur murah ini juga bisa dijadikan upaya mencegah penyakit berbahaya tadi. 

3. Mengurangi Penumpukan Lemak di Hati
Manfaat seledri mengurangi penumpukan lemak di hati diketahui melalui penelitian yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi dan Ilmu Pangan di Universitas Helwan di Mesir. Hewan percobaan yang diberi seledri dengan sawi putih menunjukkan pengurangan jumlah lemak berbahaya di hati. 

4. Mengurangi Tekanan Darah
Manfaat lain daun seledri yakni mampu menjaga tekanan darah tetap normal. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. Dengan demikian, konsumsi seledri sangat baik untuk menjaga jantung tetap sehat.
 

0 Komentar