Senin, 19 Agustus 2019 14:04 WIB

MA Luncurkan E-Litiigasi

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi aplikasi e-litigasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Memperingati Hari Jadi yang ke-74 pada 19 Agustus 2019, Mahkamah Agung (MA) meluncurkan aplikasi e-litigasi.

E-litigasi merupakan implementasi terbitnya Peraturan MA Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi dan Persidangan di Pengadilan secara elektronik.

Perma tersebut sebagai revisi dari Perma Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi di Pengadilan Secara Elektronik. Perma tersebut disahkan oleh pimpinan MA saat rapat di Bogor pada 4-6 Agustus 2019 lalu.

"Pimpinan Mahkamah Agung telah menyetujui rancangan Peraturan MA (Perma) yang telah diundangkan sebagai peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang administrasi perkara dan persidangan secara elektronik yang mulai pada hari ini tanggal 19 Agustus 2019," kata Ketua MA, M Hatta Ali di Gedung MA, Jakarta, Senin (19/8/2019).

E-litigasi merupakan tindak lanjut dari perilisan aplikasi e-court pada 2018 lalu. E-court bermigrasi dari sistem manual ke sistem elektronik, baru dilakukan dalam administrasi perkara.

Melalui e-litigasi, semua gugatan, pembayaran segala biaya, pemberitahuan dan panggilan sampai penyampaian putusan dilakukan secara elektronik.


Selain itu, aplikasi e-litigasi juga memperluas cakupan subjek yang dapat memanfaatkan layanan peradilan yang semula hanya untuk para advokat sebagai pengguna terdaftar, kini mencakup juga pengguna lain yang meliputi jaksa selaku pengacara negara.

Selain, peluncuran aplikasi e-litigasi pada momen hari jadi Mahkamah Agung ke-74 ini juga diperdengarkan untuk pertama kalinya himne Mahkamah Agung karya Addie MS dan AS Pudjoharsoyo.

"Dalam rapat pimpinan tersebut pula pimpinan MA telah menetapkan himne MA dengan keputusan surat ketua Mahkamah Agung Nomor 123 tahun 2019 tentang Hymne Mahkamah Agung," katanya. 

Sebelumnya, acara Peringatan Hari Jadi MA diawali dengan penyelenggaraan olah raga jalan santai pada Hari Minggu 18 Agustus 2019 yang diikuti para pimpinan MA, hakim agung, pejabat eselon I, II, III dan IV serta seluruh staf dan pegawai MA dan badan peradilan di wilayah Jabodetabek. 

Acara puncak ditandai dengan penyelenggaraan upacara pada 19 Agustus 2019 di halaman gedung MA. Upacara dipimpin langsung oleh Yang Ketua MA dan diikuti oleh seluruh warga MA dan badan peradilan di Wilayah Jabodetabek.(ist)


0 Komentar