Jumat, 16 Agustus 2019 11:30 WIB

Jokowi Apresiasi Kinerja BPK

Editor : Eggi Paksha
Jokowi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi kinerja kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang ikut berperan dalam mengawasi keuangan negara.

Salah satunya dengan cara memeriksa kinerja keuangan dan kepatuhan masing-masing lembaga pemerintahan. Menurutnya, dengan adanya peran BPK, keuangan negara berhasil diamankan, yang mana sekitar Rp4,38 triliun yang bisa diselamatkan pada tahun 2018. 

“BPK juga telah memeriksa kinerja dan kepatuhan pemerintah dan badan lainnya, serta berhasil mengembalikan kas dan aset negara sebesar Rp4,38 triliun, maka akan menjadi kekuatan yang dinamis. Kekuatan untuk mencapai Indonesia Maju," ujar Jokowi pada pidato kenegaraan dan sidang tahunan MPR di Gedung MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019). 
 

Dia mengungkapkan, BPK juga memegang peranan penting dalam melaksanakan pemeriksaan kesiapan dari program pemerintah, khususnya program yang berkaitan dengan keberlanjutan. 

“BPK juga telah melaksanakan pemeriksaan kesiapan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia,” kata presiden asal Solo. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mendukung upaya BPK dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Dukungan ini akan terus digaungkan oleh Presiden Jokowi kepada BPK. 

Upaya pemberantasan korupsi sangat krusial agar keuangan negara yang juga bersumber dari pajak rakyat bisa dipergunakan seoptimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat. 
 
“Saya yakin, seyakin-yakinnya, persatuan Indonesia akan selalu sentosa. Seperti kiambang-kiambang yang bertaut kembali, setelah biduk pembelah berlalu. Saya yakin, seyakin-yakinnya, dengan berpegang teguh pada semangat persatuan Indonesia, maka rumah besar kita tidak akan runtuh, tidak akan ambruk, dan tidak akan punah, tetapi justru berdiri tegak. Bukan hanya untuk 100 tahun, 500 tahun, tapi untuk selama-lamanya," tuturnya.(ist)

0 Komentar