Senin, 12 Agustus 2019 12:23 WIB

Mengenal Suthida Tidjai yang Menghebohkan Thailand

Editor : Eggi Paksha
Suthida Tidjai. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Nama Suthida Tidjai menghebohkan Thailand tiga hari tepat sebelum upacara penobatan seremoni Maha Vajiralongkorn sebagai Raja Thailand.

Seperti Cinderella, Suthida yang sebelumnya berprofesi sebagai pramugari, menjelma jadi seorang Ratu Thailand. Suthida Tidjai jadi pembicaraan masyarakat Thailand belakangan ini.

Tiba-tiba saja, tiga hari sebelum dinobatkan secara resmi sebagai Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn menikahinya. Pernikahan ini membuat Suthida Tidjai berganti nama menjadi Suthida Bajrasudhabimalalakshana. Otomatis dengan nama itu, Suthida adalah Ratu Thailand yang baru. 


Sebenarnya sosok Suthida sudah dilihat langsung oleh masyarakat Thailand saat menemani Raja Vajiralongkorn berlutut untuk memberi penghormatan kepada patung-patung raja dinasti Chakri di kawasan tua Bangkok pada awal Mei lalu.

Berlanjut saat ia menemani suaminya ke Kuil suci Buddha Zamrud di jantung Istana Negara. Pasangan itu juga sering bepergian ke Bavaria di Jerman selatan. Orang-orang pun terhenyak dan bertanya-tanya, siapakah Ratu baru ini? 

Sebenarnya beberapa pengamat kerajaan dan media asing telah menghubungkan Suthida secara romantis dengan raja, tetapi istana tidak pernah mengakui hubungan asmara mereka. Suthida adalah warga sipil biasa. Wanita yang baru saja berulang tahun ke-41 tahun pada 3 Juni lalu ini sebelumnya bekerja sebagai pramugari di Thai Airways.

Kemudian, jalan hidupnya berubah drastis karena dia menjalin hubungan dengan Vajiralongkorn. Pertemuan pertama keduanya dilaporkan terjadi di dalam pesawat. Menurut laporan media lokal, Suthida bertemu dengan Vajiralongkorn di dalam pesawat. Raja Vajiralongkorn yang juga tercatat sebagai pilot berlisensi saat itu sedang menerbangkan pesawat perusahaan selama acara amal pada 2007, sedangkan Suthida masih bekerja sebagai pramugari di Thai Airways.

Raja Vajiralongkorn diketahui adalah seorang pilot berlisensi dan kadang-kadang menerbangkan pesawat Boeing dan Airbus milik maskapai. Menurut Daily Mail, keduanya dikabarkan merajut kasih, tak lama setelah pertemuan itu. Setelah itu, jalan hidup Suthida berubah secara drastis. Semuanya berawal pada 2012 saat dia melayani resimen penjaga putra mahkota sebagai letnan kolonel.

Kantor Perdana Menteri Thailand menyatakan, dia melayani Putra Mahkota Vajiralongkorn dengan baik, kejujuran, kesetiaan, dan bertanggung jawab dalam penugasan yang diberikan. Setelah itu, keajaiban pun terjadi.

Pada 2013, Kantor Perdana Menteri mengeluarkan enam perintah untuk meningkatkan karier Suthida. Dia pun dipromosikan sebagai mayor jenderal militer pada akhir 2013. Lalu pada Desember 2016, Vajiralongkorn mengangkatnya sebagai jenderal penuh di Angkatan Darat Kerajaan Thailand. 

Setahun kemudian, Suthida kembali diangkat menjadi penjaga pribadi Vajiralongkorn. Tak hanya itu, Suthida pun diberi gelar kerajaan Thanpuying yang berarti lady. Meski sosoknya begitu sering muncul bersama Raja Vajiralongkorn, Suthida merupakan sosok yang sangat misterius.

Sulit untuk mengupas kehidupan pribadinya. Dikutip Channel News Asia, meskipun Suthida telah muncul di publik selama sekitar tiga tahun, informasi tentang dirinya sangat sedikit. Tak heran jika pernikahannya dengan Raja mengejutkan banyak orang. Dikutip Global News, biasanya informasi hanya berasal dari rilis keputusan kerajaan, pernyataan istana, dan beberapa laporan media. 

Suthida diketahui tidak memiliki garis keturunan kerajaan apa pun. Dikutip New Straits Times, pengamat Thailand di French Institute of International Relations (IFRI) Sophie Boisseau du Rocher mengatakan, Suthida benar-benar berasal dari masyarakat. Kendati demikian, keputusannya menerima pinangan Raja Vajiralongkorn menuai banyak komentar. 

Analis politik di Universitas Naresuan di Thailand Paul Chambers mengatakan, pernikahan raja dengan Suthida adalah cara untuk melegitimasi lebih lanjut pemerintahannya. “Seorang raja seharusnya memiliki seorang ratu dan sekarang ia memiliki seorang ratu,” ujarnya.

Seperti diketahui, Raja Vajiralongkorn memiliki sejarah panjang dengan wanita dan skandal, terutama di tabloid internasional. Dan sepertinya Suthida sudah mengetahui hal ini dengan jelas. Sebagai seorang pangeran, Raja Vajiralongkorn menghabiskan sebagian besar masa dewasanya bepergian ke luar negeri dengan Boeing 737 pribadinya dan menjalani gaya hidup mewah yang dipenuhi dengan vila mewah, mobil cepat, dan wanita. 

Raja Vajiralongkorn tercatat memiliki tiga mantan istri dan tujuh anak, termasuk seorang putra dengan Srirasmi Suwadee, istri terakhirnya yang diceraikan pada 2014. Perceraian itu diumumkan tak lama setelah beberapa kerabat Srirasmi ditangkap sebagai bagian dari penyelidikan korupsi. 

Istri pertama Vajiralongkorn adalah Putri Soamsawali Kityakara, sepupunya yang dinikahi pada 1977. Keduanya memiliki satu anak bersama selama 16 tahun pernikahan mereka. Namun, Vajiralongkorn masih melakukan hubungan dengan aktris Yuvadhida Polpraserth selama pernikahan pertamanya dan memiliki lima anak dengannya antara 1979 dan 1987. 

Dia akhirnya menceraikan Soamsawali pada 1993 dan menikahi Yuvadhida pada 1994. Pernikahan itu berlangsung dua tahun dan berakhir ketika Yuvadhida pergi bersama anak-anaknya ke Inggris. Vajiralongkorn pun menanggapinya santai dengan menempelkan poster-poster yang menuduhnya zina dan mengusirnya bersama keempat putranya.(ist)


0 Komentar