Kamis, 08 Agustus 2019 16:12 WIB

Megawati Minta ke Jokowi Supaya PDIP Dapat Kursi Menteri Terbanyak

Editor : Yusuf Ibrahim
Megawati Soekarnoputri. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, secara terbuka meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar PDIP diberi jatah kursi menteri terbanyak dalam jajaran kabinet mendatang.

Permintaan tersebut disampaikan Megawati saat berpidato dalam pembukaan Kongres V PDI Perjuangan (di Grand Inna Bali Beach Hotel, Kamis (8/8/2019).

"Ini dalam kongres partai ya Pak Presiden, saya meminta dengan hormat bahwa PDIP masuk ke kabinet dengan jumlah menteri yang terbanyak," kata Megawati disambut teriakan gemuruh dari kader.

Pernyataan Mega disampaikan langsung di hadapan Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla dan Wapres terpilih KH Ma'ruf Amin, dan para ketua umum (ketum) partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Kerja (KIK), termasuk Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Awalnya, Megawati bercerita bagaimana dirinya menjaga partainya untuk selalu konsisten dengan perjuangan. Sebelumnya selama 10 tahun, Presiden SBY selalu menawari dirinya agar bergabung ke pemerintahan. Caranya adalah dengan tawaran kursi menteri. Setiap kali itu juga, Megawati selalu menolak.

Megawati mengaku anak-anaknya di partai menggerutu kepadanya karena penolakannya itu. Sebab sudah susah berjuang agar menjadi pemenang pilpres, namun tak pernah mendapat apapun.

"Saya ngomong, kalau elo ingin jadi menteri, keluar dari PDIP. (Enggak dapat menteri) Ora patekhen," kata Megawati.

Megawati kemudian berpaling ke Jokowi. Menurutnya, Jokowi mesti memberikan jatah kursi menteri terbanyak kepada kader PDIP. Sebab partainya sudah dua kali menjadikan Jokowi sebagai pemenang.

"Orang kita pemenang dua kali. Betul tidak? Saksikan ya. Iya dong. Jangan nanti, (Jokowi bilang, red) 'Ibu Mega, saya kira karena PDIP sudah banyak kemenangan, sudah ada di DPR, nanti saya kasih cuma 4 ya'. Endak mau. Tidak mau. Tidak mau. Tidak mau...!" tegas Megawati yang disambut riuh teriakan para kader PDIP.

"Iya dong. Orang (parpol) yang tak dapat kemenangan saja minta (kursi) Horeeeeeee," teriak Megawati sambil mengepalkan kedua tangannya di hadapan dada.(ist)


0 Komentar