Kamis, 08 Agustus 2019 15:29 WIB

Kementan Upayakan Harga Cabai Turun dan Stabil

Editor : Yusuf Ibrahim
Pedagang cabai. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Hingga saat ini harga cabe di beberapa pasar relatif masih tinggi, sehingga perlu langkah-langkah intervensi untuk menstabilkannya.

"Merespon masih tingginya harga cabai, pada hari ini dan seminggu mendatang, kami akan gerojoki cabai 2 ton setiap harinya dengan harga Rp.35.000/kg," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Agung Hendriadi, saat melepas Gelar Cabai Murah di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Pasar Minggu Jakarta, Kamis (8/7/2019).

Menurut Agung, BKP akan terus menggelar cabai murah untuk meredam harga cabai yang masih relatif tinggi dan diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat terutama saat ini dan menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Gelar cabai murah ini akan terus kami lakukan, sampai harga cabai turun dan stabil," tambah Agung, yang didampingi Sekretaris Badan, Riwantoro.

Selain di TTIC Jakarta dan TTIC Bogor, gelar cabai murah juga dilakukan di 8 pasar eceran di DKI Jakarta yang harga cabainya tinggi yaitu di Pasar Kramat Jati, Pasar Lenteng Agung, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Pos Pengumben, Pasar Pondok Labu, Pasar Palmerah, Pasar Mayestik dan Pasar Rawamangun.

Cabai akan dijual kepada masyarakat selama 6 hari kedepan sebanyak 10 ton secara bertahap yang terdiri dari 5 ton cabai merah keriting, 2 ton cabai merah besar dengan harga masing- masing Rp 35.000,-/kg dan 3 ton cabai rawit merah dengan harga Rp 40.000/kg, Caba didatangkan langsung dari petani cabai Magelang, Sleman, Temanggung, Ciamis, Garut, Cianjur, Majalengka, Pengalengan dan Sumedang.

"Volume pasokan komoditi yang dijual akan terus ditambah hingga harga stabil," ungkap Agung.(ist)

 

0 Komentar