Senin, 05 Agustus 2019 09:23 WIB

Coaching Clinic Bersama Indra Sjafri Meriahkan Kejuaraan Okky Youth Soccer 2019

Editor : Eggi Paksha
Indra Sjafri memberikan arahan. (foto Esa/Tigapilarnews.com)
BOGOR, Tigapilarnews.com- Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23, Indra Sjafri memberikan coaching clinic kepada ribuan anak dari berbagai Sekolah Sepak Bola (SSB) di Lapangan Jakarta Japan Club Sports Community, Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Minggu, (4/8/2019). 
 
Menariknya, pelatihan dasar-dasar sepak bola yang diberikan mantan pelatih Bali United itu di sela-sela Kejuaraan Okky Youth Soccer 2019. Kejuaraan Okky Youth Soccer 2019 sendiri merupakan turnamen yang setiap tahunnya mulai 2017, lalu digelar oleh Okky bekerjasama dengan Indonesia Junior Soccer League (IJSL) bagi para pesepak bola muda dari beberapa kota di Indonesia.
 
Dalam coaching clinic itu, terlihat anak-anak diberikan pelatihan dasar bermain sepakbola dengan baik. Menurut Indra hal itu perlu diberikan untuk melatih kemampua dasar para pemain muda yang mengikuti coaching clinic tersebut. 
 
"Yang saya berikan dalam coaching clinic kali ini adalah basic Skill. Sebenarnya coaching clinic ini tidak bisa membuat mereka langsung mahir bermain bola, tetapi minimal mereka paham, basic skill sepak bola itu, dan diberikan secara pengetahuan yang benar," ungkap Indra dalam kesempatan tersebut. 
 
Selain itu, Indra juga sangat mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan Okky Youth Soccer 2019 yang dinilainya sangat berarti bagi perkembangan para pesepak bola muda tersebut. Bahkan, Ia menyaikini jika ajang bertemakan 'Soccer Is Fun' itu terus digulirkan, bakal menciptaka bibit-bibit berpresati bagi Timnas Indonesia kedepannya. 
 
"Ajang ini sangat bermanfaat karena dari usia dini mereka sudah diberikan wadah untuk berkompetisi. Mereka bisa mengenal arti sepak bola. Di turnamen seperti ini, kita tidak bicara kalah dan menang, tapi nilai-nilai lain juga kita perlukan. Kalau bicara kalah dan menang, terlalu kecil sepak bola menurut saya," terang Indra
 
Image gallery
 
"Dan ini seandaianya kita gulirkan terus dan kita bangun filosofinya, saya yakin timnas kita kedepannya aka kuat. Karena menurut saya, bukan hanya skill, fisik dan taktiknya yang kita benahi, tetapi mentalnya juga," tambahnya. 
 
Sementara itu, Wahyudi Saputro, Promotion Manager Suntory Garuda Beverage mengatakan, kejuaraan bagi U-8, U-10 dan U-12 ini merupakan bentuk komitmen pihaknya dalam mengembangkan olahraga di Tanah Air khususnya sepak bola. 
 
Ia menuturkan, dalam kejuaraan ini, pihaknya tidak hanya ingin membentuk karakter pemain untuk mahir dalam bermain sepak bola, namun bagaimana caranya pihaknya ingin mengajak anak-anak Indonesia bisa selalu aktif. 
 
"Okky  memiliki misi untuk selalu mendukung, anak-anak Indonesia supaya selalu fun (menyenangkan) dan selalu aktif dalam kegiatannya sehari-hari, khususnya di olahraga sepak bola," ungkap Wahyudi. 
 
"Disini kami mendukung pembinaan anak usia muda agar kita memiliki bibit-bibit terbaik kedepannya. Dan disini kita juga mengedepankan fun, jadi bukan hanya juara, tapi mereka harus fun bermain, mengingat mereka masih anak-anak yang masih membutuhkan kesenangan," tambahnya. 
 
Wahyudi menjelaskan, nantinya pihaknya bakal memilih 16 pemain terbaik dari turnamen Okky Splash Youth Soccer U-12. Nantinya 16 pemain terbaik itu akan bergabung ke dalaman Okky Youth Soccer Team 2019 yang mewakili Indonesia di ajang Singa Cup 2019. Diharapkan mereka yang terpilih mampu memberikan yang terbaik di ajang tersebut. 
 
"Jadi ini, tahun ketiga, okky Youth soccer, dari tahun 2017. Dan sini kita akan mencari 16 pemain terbaik, yang nanti dikirim menjadi tim Indonesia untuk di Singa Cup 2019. Dengan harapan besar kita bisa meraih juara di Singa Cup tersebut," tutur Wahyudi.
 
Berikut tim kategori U-12 yang telah berhasil mencapai tempat terbaik di IJSL yaitu: 
Peringkat I : SPARTA
Peringkat II : ASTAM
Peringkat III : BINTANG GARUDA
Peringkat IV : FARMEL ISVIL
TEAM FAIRFLAY : FU 15 FA

0 Komentar