Jumat, 02 Agustus 2019 11:11 WIB

PDIP Tegaskan Desain Struktur Orgaisasi yang Diterapkan Cukup Simpel

Editor : Eggi Paksha
Megawati bersama Hasto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigailarnews.com- Seluruh keputusan politik akan diambil melalui mekanisme Kongres V PDIP yang bakal dilaksanakan di Bali nanti, termasuk kemungkinan perubahan nomenklatur dalam memilih Ketua Harian Partai.

"Kongres mengambil keputusan tertinggi. Kedaulatan berada di tangan anggota yang direpresentasikan melalui putusan dari bawah semangat dari bawah," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Jumat (2/8/2019).

Menurut Hasto, sejauh ini, prinsip desain struktur organisasi yang diterapkan PDIP cukup simpel. Yakni, mengacu pada teori Einstein yang disebutnya merumuskan teori relativitas e=mc². Sehingga, struktur PDIP tampak sederhana.

Menurut Hasto, Struktur Ketua Umum sebagai intitusi yang berdiri sendiri, di mana dalam menjalankan roda organisasi, Ketua Umum dibantu oleh sejumlah Ketua DPP dan jabatan strategis berupa Sekjen yang dibantu tiga orang wakil Sekjen.

"Kemudian bendahara dibantu oleh 2 orang wakil bendahara, dan ada tiga struktur penting pertama bidang internal, untuk menegaskan bagaimana PDIP hadir dalam seluruh wajah partai yang ideal," kata dia.

Hasto mengatakan, ada bidang kedua bagaimana partai terlibat aktif dalam mengelola pemerintahan negara dan kebijakan-kebijakan yang dibawa oleh partai. Sehingga ada bidang pemerintahan ini strukturnya menyesuaikan yang struktur kabinet Pemerintahan Jokowi.

Kemudian, lanjut Hasto, bidang ketiga adalah yang membidangi urusan kerakyatan seperti buruh, tani dan nelayan.

"Ini adalah struktur dasar yang jumlah DPP hanya 27 orang paling kecil dibanding struktur partai yang lain. Yang kecilnya itulah kami bergerak solid, solid bergerak untuk indonesia raya," kata dia.

Hasto menegeskan, adapun soal perubahan nomenklatur untuk memutuskan posisi Ketua Harian Partai yang sempat menjadi wacana sebelumnya akan diputuskan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum dalam Kongres.

"Terkait struktur yang tentu saja nanti ketum terpilih yang dalam hal ini adalah ibu Mega karena berdasarkan hasil keputusan rapat kerja nasional keempat, dan juga berdasarkan aspirasi dari bawah memohon ibu Mega berkenan menjadi ketum kembali. Nanti (posisi Ketua Harian) akan dibahas dengan bu Mega," kata dia.(ist)
 


0 Komentar