Jumat, 02 Agustus 2019 10:49 WIB

Anggota DPRD DKI Bakal Pilih Wagub

Editor : Eggi Paksha
Agung (kiri) dan Ahmad Syaikhu. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Anggota Panitia Khusus (Pansus) Wagub DKI Jakarta, Syarif menjelaskan, bahwa rapat paripurna pemilihan pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta akan diserahkan kepada anggota DPRD DKI yang baru. 

Syarif menilai PKS nampaknya tak pandai dalam melobi anggota legislatif Kebon Sirih itu. Menurut dia, waktunya tak akan cukup bila tetap dipaksakan kepada anggota DPRD yang lama. Sebab, 26 Agustus 2019 mendatang akan dilangsungkan pelantikan anggota legislatif terpilih periode 2019-2024.

“Sangat berpotensi (rapat paripurna) akan berlangsung setelah anggota DPRD yang baru. Saya kira ini terjadi karena PKS kurang optimal dalam melakukan pendekatan dan lobi-lobi,” kata Syarif kepada wartawan, Jumat (2/8/2019).
 

Syarif menambahkan, penyerahan pemilihan kepada anggota yang baru tak menjadikan proses yang selama ini sudah berlangsung akan kembali diulang. Sebab, draf tata tertib (Tatib) yang sudah selesai disusun oleh pansus hanya tinggal disahkan.

“Draf tatib hanya tinggal disahkan di Rapimgab. Lalu bentuk panitia pemilihan dan melaksanakan rapat paripurna,” tambahnya.


Syarif membantah anggapan bila Partai Gerindra terkesan sengaja mengulur-ngulur proses pengisian kursi DKI-2. Menurutnya, persoalan kekosongan pendamping Gubernur Anies Baswedan bisa cepat selesai bila PKS selalu aktif. “Enggak benar itu jika Gerindra menghalangi proses pemilihan,” kata Syarif.

Sekadar informasi, tercatat sebanyak tiga kali rapat pembahasan draf tatib pemilihan Wagub DKI Jakarta tertunda. Draf tatib sendiri sudah selesai disusun pada Selasa 9 Juli 2019.

Rapat paripurna pengesahan tatib pemilihan wagub DKI Jakarta yang direncanakan berlangsung pada Senin, 22 Juli juga dibatalkan. Padahal posisi orang nomor 2 di Jakarta itu sudah kosong sejak 10 Agustus 2018, setelah ditinggalkan Sandiaga Uno yang maju sebagai Cawapres. 

Adapun dua nama yang bakal dipilih antara lain mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Bendahara Umum DPW PKS Jakarta Agung Yulianto.(exe)


0 Komentar