Selasa, 30 Juli 2019 18:00 WIB

Japfa Berangkatkan 10 Pecatur ke 4th Eastern Asia Youth Chess Championship 2019

Editor : Eggi Paksha
Rachmat Indrajaya (kedua dari kanan) bersama PB Percasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Japfa Cofeed Indonesia Tbk (JAPFA) mewujudkan komitmennya dalam mendukung pengembangan catur Indonesia, dengan memberangkatkan 10 pecatur junior untuk mewakili tanah air dalam 4th Eastern Asia Youth Chess Championship 2019.

Kejuaraan catur junior ini diadakan di Bangkok, Thailand, 1-10 Agustus 2019. JAPFA, bersinergi dengan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB PERCASI), membawa pecatur muda yang merupakan juara dalam Kejuaraan Nasional tahun 2018 kelompok C-G untuk berhadapan langsung dengan pecatur internasional.

"Komitmen kami untuk mendorong atlet muda melenggang di turnamen internasional merupakan sebuah investasi kepada generasi penerus untuk melanjutkan langkah mengharumkan nama Indonesia melalui olahraga catur," ujar Rachmat Indrajaya, director of corporate affairs JAPFA.

Kejuaraan ini, lanjut Rachmat, merupakan wadah bagi pecatur muda untuk mengasah kemampuannya dengan bertanding melawan pecatur internasional yang memiliki strategi dan pola permainan yang berbeda. "Selain peningkatan rating, pertandingan internasional ini sekiranya dapat menambah ilmu catur mereka dan mengasah strategi untuk mengambil langkah di papan catur," tambahnya.

Sebanyak 10 pecatur muda yang berkisar umur 7-15 tahun dikirimkan ke Bangkok dan bertarung dalam 9 babak dengan pecatur Asia. Adapun pecatur Indonesia yang JAPFA berangkatkan untuk menjadi peserta ialah Daniel Hermawan Tobing, Nur Aini Rasyid, Nayaka Budhi Darma, Cacilia Natalie Liuvian, Handaru Juan, Armenia Zendy Purwanto, Arjuna Satria Pamungkas, Aura Cahyati Alifan, Syahsyah Saykish Thirof, dan Hafizah Indriani.

Ini bukan kali pertama pecatur muda Indonesia berangkat ke pertandingan internasional. Sebelumnya, JAPFA bersama PB PERCASI mengirimkan pecatur muda Indonesia berkompetisi di Asean Age Chess Championship tahun 2017 lalu di Pahang, Malaysia. "Kesempatan demi kesempatan kammi gunakan untuk mewujudkan regenerassi dan pembibitan atlet catur junior demi perkembangan caatur Indonesia," lanjut Rachmat.

Hampir menyentuh dua dekade, JAPFA dan PB PERCASI telah bersinergi dalam menggali potensi pecatur muda. Di bawah naungan departemen social investment, JAPFA bersama PERCASI menjalankan komitmen dalam mengembangkan catur Indonesia dengan mempertemukan pecatur junior dengan pecatur mancanegara.

Sekiranya kami percaya bahwa pecatur muda Indonesia memiliki potensi yang tidak kalah besar dengan pecatur mancanegara. Harapannya, kejuaraan ini dapat menjadi langkah awal kesepuluh pecatur muda Indonesia sebagai calon juara dunia di masa depan," tutup Rachmat.(ist)


0 Komentar