Kamis, 18 Juli 2019 21:57 WIB

Zulkifli Jelaskan soal Pernyataan Amien Rais

Editor : Eggi Paksha
Zulkifli Hasan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, beberapa waktu lalu mengajak semua pihak memberikan kesempatan kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk memimpin selama lima tahun ke depan. 

Pernyataan Amien itu dinilai memiliki arti yang sama dengan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf. 

“Itu bahasa Pak Amien, saya kira itu bahasa yang paling halus ya. Kalau bahasa saya kita dukung dan kita doakan agar Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf sukses memimpin Indonesia sehingga kita berubah menjadi lebih baik, lebih adil dan lebih sejahtera. Ya saya kira subtansinya sama,” tutur Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Mengenai pernyataan Amien yang meminta PAN menjadi oposisi, Zulkifli memiliki pandangan sendiri. Menurut dia, istilah itu tidak tepat karena Indonesia adalah negara Pancasila. 

Dia menegaskan selama ini PAN bekerja sama dengan banyak partai di banyak daerah. Misalnya bekerja sama dengan Golkar di Lampung, dan bekerja sama dengan PDIP-Nasdem di Sulawesi Selatan.

“Kita menganut Pancasila, sistemnya musyawarah mufakat. Musyawarah mufakat itu bisa sepakat untuk sepakat, bisa juga sepakat atau tidak sepakat,” ujarnya.

Ketua MPR itu menegaskan Indonesia berbeda dengan sistem pemerintahan Amerika Serikat yang menyepakati hanya dua partai. 

Zulkifli menegaskan Indonesia memiliki banyak partai. Oleh karena itu mengedepankan musyawarah mufakat. Untuk itu tidak perlu lagi mengartikan arah koalisi PAN. “Enggak usah diartikan lagi,” ujar Zulkifli.(ist)


0 Komentar