Rabu, 17 Juli 2019 21:28 WIB

Cimahi Jadi Terdepan dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Editor : Eggi Paksha
Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna, menerima penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Rabu (17/07/2019). 

Penganugerahan tersebut diserahkan langsung Wakil Presiden Muhammad Yusuf Kalla di sela-sela acara Indonesia International Smart City Expo dan Forum (IISMEX 2019) di Jakarta Convection Center (JCC).

Penghargaan diberikan pemerintah pusat sebagai aperesiasi kepada kepala daerah yang telah melaksanakan praktik tata kelola pemerintahan yang baik. Hal itu sejalan dengan platform tata kelola pelayanan publik dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang diukur melalui hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pemerintah Daerah (EKPPD).

"Ini prestasi membanggakan yang sangat diharapkan oleh kepala daerah. Terima kasih kepada semua pihak dan warga Cimahi, semoga penghargaan ini memberikan tambahan motivasi dalam memajukan dan menyejahterakan masyarakat Cimahi," kata Ajay usai menerima penghargaan. 

Capaian yang lebih membanggakan lagi karena Wali Kota Cimahi menjadi satu-satunya wali kota di Jawa Barat yang mendapat penghargaan ini. 

Selain Wali Kota Cimahi yang mendapatkan penghargaan serupa di antaranya, Wali Kota Pekanbaru, Wali Kota Denpasar, Bupati Bintan, Bupati Pohuwanto. Adapun untuk tingkat provinsi, penghargaan diberikan kepada Gubernur Kepri, Gubernur Gorontalo, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Riau, dan Gubernur Bali. 

Terkait hal itu, Ajay mengaku bersyukur sekaligus bangga karena Kota Cimahi menjadi terdepan dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Kondisi itu dirasa wajar mengingat Kota Cimahi menjadi salah satu daerah dari lima kota/kabupaten terbaik yang mendapatkan penghargaan dari ratusan kota/kabupaten yang ada di Indonesia. 

Sebagai daerah yang wilayahnya tidak terlalu besar, pemerintahan yang dipimpinnya memang lebih memfokuskan diri kepada pelayanan masyarakat dan peningkatan kinerja pemerintahan. 

Ini dikarenakan sumber daya manusia (SDM) di Cimahi lebih banyak dibandingkan dengan sumber daya alam (SDA). Sehingga agar tercipta SDM yang berkualitas diperlukan pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan yang unggul.

"Penghargaaan ini menjadi motivasi bagi Pemkot Cimahi dalam meningkatkan tata kelola pemerintah yang lebih baik lagi sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya," kata dia. 

Capaian ini menambah cacatan prestasi yang berhasil diraih Kota Cimahi di bawah kepemimpinan Wali Kota, Ajay Muhammad Priatna. 

Sebelumnya pada peringatan Hari Otonomi Daerah XXII yang digelar di Stadion Diponegoro pada 25 April 2019, Kota Cimahi juga mendapatkan Prestasi Kinerja Tertinggi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berdasakan Laporan Penyelenggaraan Daerah (LPPD) tahun 2018 dari Kementerian Dalam Negeri.(exe)


0 Komentar