Rabu, 17 Juli 2019 21:17 WIB

Pemprov DKI Ikut Kontribusi bagi Kemajuan Dunia

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menceritakan pengalamannya sebagai pembicara keynote address di World City Summit yang berlangsung di Medellin, Kolombia, melalui akun media sosialnya, Rabu (17/7/2019)

Anies menyebutkan, pertemuan global seperti itu bukan saja menjadi ajang tukar menukar pengalaman, tapi juga ajang bagi Pemprov DKI Jakarta untuk ikut berkontribusi bagi kemajuan dunia.

"Sebuah kehormatan tersendiri bahwa Wali Kota Seoul dan Gubernur Jakarta menjadi pemberi keynote address dalam pertemuan global ini," tulis Anies di laman Facebooknya.

Dalam kesempatan tersebut, Anies menjelaskan tentang transformasi kota dan pembangunan masyarakatnya di Jakarta, termasuk di bidang angkutan umum massal. 

"Kemajuan di bidang transportasi di Jakarta ini memang menarik perhatian karena hadirnya program Jak-Lingko direspons positif oleh publik Jakarta, dimana jumlah pengguna kendaraan umum di Jakarta semula 123 juta penumpang di tahun 2016, lalu melonjak menjadi 189 juta di tahun 2018, dan diproyeksikan menjadi 255 juta di tahun 2019," ucapnya.

Menurut Anies, hal ini menunjukkan bahwa DKI on the right track dalam mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalan raya. Dan itu artinya bisa mengurangi polusi udara yang akhirnya bisa memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Berbagi gagasan dan pengalaman seperti ini adalah bagian dari kontribusi kita pada dunia. Seperti ditegaskan dalam pembukaan UUD 1945, salah satu tujuan berdirinya negara dan pemerintahan adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Indonesia adalah negara terbesar keempat, Jakarta adalah kota megapolitan terbesar di dunia belahan Selatan. Jangan sampai justru dipandang sebagai bangsa yang tidak peduli dengan permasalahan bersama masyarakat dunia. Terobosan-terobosan yang kita bagikan, bisa jadi bahan yang bermanfaat bagi semua," bebernya.

Hal ini sekaligus membuktikan bahwa Jakarta adalah warga kota, warga negara dan warga dunia. Jakarta peduli pada semuanya. "Semoga Jakarta terus bisa makin maju, dan warganya makin bahagia," tutup Anies.(ist)


0 Komentar