Jumat, 12 Juli 2019 13:12 WIB

Metallica dan Guns n’ Roses Masuk Jajaran Selebritas Terkaya Dunia

Editor : Yusuf Ibrahim
Metallica. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Metallica dan Guns n’ Roses berhasil mematahkan maraknya spekulasi bahwa musik rock di ambang punah.

Kedua band musik cadas legendaris itu masuk dalam jajaran selebritas dengan pendapatan tertinggi di dunia pada 2019 versi Majalah Forbes. Mereka adalah segelintir band rock yang mampu bersaing pada zaman sekarang. 

Metallica yang dibentuk pada 1981 di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), meraup pendapatan sekitar USD65 juta (Rp914 miliar) dalam 12 bulan terakhir. Grup band yang dipimpin vokalis James Hetfield itu sukses menggelar tur World Wired yang mengusung lagu-lagu lawas seperti Enter Sandman dan Nothing Else Matters. 

Tur World Wires dimulai sejak 26 Oktober 2016 di Puerto Rico, Kepulauan Karibia, dan merupakan tur dunia pertama Metallica sejak World Magnetic pada 2010. Tur itu menghasilkan laba kotor sekitar USD67,9 juta dari 37 konser di Eropa dan Amerika dalam setahun atau USD307,6 juta dalam dua tahun lebih.

Dengan rata-rata jumlah penonton lebih dari 16.000 orang per konser, Metallica berhasil mengalahkan Elton John, Pink, dan Justin Timberlake. Uniknya Metallica lebih banyak menggalang penonton di luar AS. Dalam lima konser di Eropa pada Mei silam, rata-rata penonton yang hadir mencapai 58.000 orang atau setara USD28 juta. 

Meski digelar sejak tiga tahun silam, tur WorldWires meraih laba lebih besar pada tahun ini bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya hingga mengantarkan Metallica masuk dalam daftar selebritas dengan pendapatan tertinggi di posisi ke-22. Pada 2018 Metallica tidak masuk ke dalam daftar yang terdiri atas 100 selebritas tersebut. Kesuksesan serupa juga diraih Guns n’ Roses.

Grup ini meraup pendapatan USD44 juta (Rp618 miliar) dan bertengger di posisi ke-71 dalam daftar selebritas dengan pendapatan tertinggi di dunia 2019. Tur Not In This Lifetime di 41 negara sejak April 2016 sukses meraup pendapatan sekitar USD563 juta dari 159 konser. 

Tur itu menarik banyak penonton karena mempersatukan tiga anggota asli Guns n’ Roses untuk pertama kali sejak Use Your Illusion pada 1993, yakni vokalis Axl Rose, gitaris Saul Hudson (Slash), dan basis Duff McKagan. Anggota asli Gun n’ Roses lainnya seperti drummer Steven Adler juga sering muncul sebagai tamu. 

Metallica dan Guns n’ Roses merupakan dua band rock yang sukses besar pada era 1980- 1990-an. Guns n’ Roses berhasil menjual album lebih dari 100 juta keping di seluruh dunia, 45 juta di antaranya terjual di AS, sedangkan Metallica berhasil menjual 125 juta album. Metallica juga memperoleh sembilan penghargaan Grammy Awards.

Ratu Pop Dunia

Salah satu musisi yang meredupkan sinar musik rock adalah Taylor Swift. Penyanyi bertalenta asal Pennsylvania, AS, itu sukses menjadi selebritas dengan pendapatan tertinggi nomor 1 di dunia, yakni sekitar USD185 juta dalam setahun terakhir. Pendapatannya diestimasi naik sekitar 131% dari USD80 juta pada 2018. 

Capaian ini bukanlah hal baru bagi Taylor. Sebelumnya dia juga pernah memuncaki daftar Forbes dengan pendapatan USD170 juta pada 2016 berkat tur The 1989. Konser keliling dunia masih menjadi sumber pendapatan terbesar Taylor. Turnya Reputation Stadium di 36 kota 4 benua menghasilkan sekitar USD345 juta.

Pada 2018, Netflix membeli hak eksklusif-istimewa konser Reputation Stadium dan menayangkannya sepanjang Malam Tahun Baru. Pembelian yang disertai kesepakatan endorsement dari Apple, AT&T, dan Diet Coke itu menambah kekayaan Taylor. Dia juga berganti label dari Big Machine ke Universal Music. 

Selain Taylor, selebritas perempuan lainnya yang masuk ke dalam daftar Forbes tahun ini ialah Beyonce, Ariana Grande, Jennifer Lopez, Lady Gaga, Celine Dion, Scarlett Johansson, Rihanna, Sofia Vergara, Kylie Jenner, Kim Kardashian West, Ellen DeGeneres, Judy Sheindlin, Pink, Katy Perry, dan JK Rowling.

Total pendapatan mereka mencapai USD1,17 miliar atau rata-rata USD73 per orang. Sementara itu selebritas laki-laki yang mencapai 84 orang dalam daftar Forbes meraih USD6,26 miliar atau USD60,5 per orang. Kendati demikian sebagian orang menilai jurang ketidak setaraan antara perempuan dan laki-laki masih amat lebar.

Tren K-Pop

Tahun ini juga bukan hanya milik selebritis asal AS. Boyband asal Korea Selatan, BTS, juga sukses besar dan menjadi satu-satunya musisi K-Pop yang masuk dalam daftar selebritas dengan pendapatan tertinggi dunia.

Boyband beranggotakan tujuh orang itu berada di posisi ke-43 dengan laba USD57 juta. Sumber pendapatan terbesar BTS berasal dari tur Love Your self di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Enam konser pertama mereka di AS menghasilkan USD44 juta dari penjualan 300.000 tiket atau USD7 juta per konser. 

Penayangan dua konser BTS juga meningkatkan pendapatan mereka senilai USD30,2 juta di seluruh dunia. Forbes menyatakan daftar selebritis dengan pendapatan tertinggi di dunia disusun berdasarkan pendapatan dari 1 Juni 2018 hingga 1 Juni 2019. Pendapatan itu belum termasuk biaya pajak, manajer, kuasa hukum, dan agen. Datanya diperoleh dari Nielsen Music, Pollstar, IMDB, NPD BookScan, dan ComScore.(ist)


0 Komentar