Senin, 08 Juli 2019 18:20 WIB

Pelindo Diminta Bangun Manado Marine Bay

Editor : Eggi Paksha
Presiden Jokowi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden RI, Joko Widodo, meminta PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) untuk segera membangun Manado Marine Bay (MMB) di kawasan wisata Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara, pada 2020 mendatang. 

Melalui keterangan resmi Pelindo IV, Senin (08/07/2019), permintaan Jokowi itu disampaikan saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Manado dan Bitung, pekan lalu.

Orang nomor satu di Indonesia itu pun meminta agar perampungan pembangunan ditarget selesai dalam dua tahun.

Selain itu, presiden terpilih periode 2019-2024 meminta agar Pelindo menyiapkan rute Bitung-Davao dalam rangka mendukung kegiatan ekspor dari Sulawesi Utara ke Filipina.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan, rencana pembangunan Manado Marine Bay dan rute Bitung-Davao telah disampaikan ke Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

"Bahkan (Pelindo IV) sudah menyiapkan master plan Manado Marine Bay. Pembangunan tersebut untuk mendukung program pariwisata yang terintegrasi," katanya, Senin (08/07/2019).

Dan bahkan sejauh ini, lanjut Farid, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat, yakni Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dan Bitung. 

Menurut dia, pembangunan MMB dalam rangka mendukung program Pemkot Manado sebagai kota pariwisata dan kota penyelenggara kegiatan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE).

"Kami targetkan rencana membangun Manado Marine Bay tuntas dalam dua tahun sejak konstruksi pada 2020 nanti. Hal itu sesuai dengan yang diharapkan Presiden Jokowi," ujarnya.

Farid menambahkan, pihaknya juga akan melakukan beberapa kegiatan pengembangan Pelabuhan Manado. Diantaranya pembangunan dermaga 4 ukuran 6x10 meter per segi, pengerukan kolam pelabuhan kedalaman -4 LWS.

Kemudian pembangunan terminal penumpang dengan luas 1.600 meter per segi dan lapangan penumpukan seluas 2.150 meter per segi.(ist)


0 Komentar