Senin, 08 Juli 2019 14:14 WIB

Alisson Becker Cetak Sejarah

Editor : Eggi Paksha
Alisson Becker. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Alisson Becker dinobatkan sebagai kiper terbaik selama Copa America 2019.

Kepastian itu didapat setelah mengantarkan Brasil keluar sebagai pemenang pada kompetisi negara-negara Amerika Selatan usai mengalahkan Peru dengan skor 3-1 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Senin (8/7) dini hari WIB. 

Keberadaan Alisson Becker di bawah mistar gawang Brasil menjadi magnet sendiri buat penggemar. Betapa tidak, dalam enam pertandingan yang dijalani Tim Samba, dia hanya sekali memungut bola dari gawangnya dan itu terjadi sewaktu berhadapan melawan Peru di final.

Alisson pun menyempurnakan trofi juara Brasil sekaligus mengakhiri puasa gelar selama 12 tahun. Capaian positif ini membuat Alisson meraih penghargaan sebagai kiper terbaik di Copa America 2019. Ini merupakan gelar individu ketiga yang berhasil diraih kiper brewok tersebut dalam kurun waktu dua bulan terakhir. 

Sebelumnya, Alisson dinobatkan sebagai peraih sarung tangan emas Liga Primer Inggris dan Liga Champions. Alisson jadi kiper pertama yang mampu membukukan catatan tersebut.

Secara keseluruhan, Alisson berhasil menjaga clean sheet sebanyak 36 kali dari 62 pertandingan bersama Liverpool dan Brasil di musim 2018/2019.

Sehingga tak mengherankan jika kiper berusia 26 tahun tersebut menjadi penjaga gawang pertama dalam sejarah yang memenangkan tiga sarung tangan emas dalam satu musim.

Peluang untuk mendapatkan penghargaan Ballon d'Or tampaknya semakin terbuka. Jika Alisson berhasil menyabet gelar individu tersebut, maka dia akan menjadi kiper pertama dalam sejarah sejak Lev Yashin yang memenangkan gelar tersebut pada 1963.

"Ada banyak pemain top bercita-cita untuk hadiah itu. Saya hanya seorang penjaga gawang," kata Alisson dengan sikap merendahnya.(exe)


0 Komentar