Jumat, 05 Juli 2019 18:51 WIB

Anies Sebut BPPT Offside

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi hujan buatan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dinilai offside terkait rencana melakukan teknik modifikasi cuaca (TMC) dengan hujan buatan untuk mengurangi tingkat polusi di Jakarta.

Penilaian ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. "Soal hujan, nanti sesudah matang baru diumumkan. Menurut saya BPPT offside tuh," kata Anies di Balai Kota DKI pada Jumat (5/7/2019).

Mantan Mendikbud itu enggan mengumumkan rencana dari sebuah program kerja sebelum betul-betul matang.

"Jadi kita ingin agar langkah-langkah untuk membereskan masalah kualitas udara Jakarta ini bukan langkah-langkah jangka pendek saja, tapi juga jangka panjang. Nah ini jangka pendek sedang kita bicarakan. Dimatangkan dulu terus nanti diumumkan," ujarnya.

"Saya mendengar BPPT sudah menyampaikan keluar. Perlu saya sampaikan bahwa itu tidak seharusnya dibicarakan dulu sebelum matang, memang mau dilakukan dulu apa tidak," sambung Anies.

Sebelumnya diberitakan, Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, bahwa saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah DKI Jakarta, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), TNI Angkutan Udara, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia.

Dia menuturkan terkait pelaksanaan TMC itu, serta seperti apa kesiapan BPPT dalam melakukan operasi TMC atau hujan buatan, dalam mendukung Pemprov DKI mengatasi polusi udara.

“TMC yang dilakukan oleh BPPT melalui Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC), adalah sebuah pemanfaatan teknologi yang berupaya inisiasi ke dalam awan. Agar proses yang terjadi di awan lebih cepat, dibandingkan dengan proses secara alami,” kata Hammam lewat keterangan persnya, Jumat (5/7/2019).(ist)


0 Komentar