Senin, 01 Juli 2019 11:50 WIB

Blokade Israel Perburuk Situasi di Gaza

Editor : Eggi Paksha
Pengungsi Palestina. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Situasi di wilayah Gaza saat ini berubah dari buruk menjadi sangat buruk.

UNRWA menyebut, salah satu penyebab utama memburuknya situasi di Gaza adalah blokade Israel.

Israel telah memberlakukan blokade yang melumpuhkan, setelah Hamas mengambil alih jalur itu dari kelompok saingannya Fatah pada 2007. Blokade ini berdampak buruk terhadap mata pencaharian di daerah kantong Palestina itu.

"Situasi sosial dan ekonomi di Gaza bergerak dari buruk menjadi lebih buruk," kata Direktur Operasi Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) di Gaza, Matthias Schmale dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (1/7).

"Itu (blokade Israel) telah menyebabkan tingkat pengangguran yang lebih tinggi, keruntuhan ekonomi dan pembatasan perdagangan bebas," sambungnya.

Menurut Pusat Statistik Palestina, pengangguran di Gaza terus meningkat, mencapai 52% pada 2018, meningkat hampir delapan persen sejak 2017 dan lebih dari 20 persen sejak Israel memberlakukan blokade di wilayah tersebut.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh Program Pangan Dunia PBB (WFP) menemukan bahwa kerawanan pangan memengaruhi dua pertiga populasi di Gaza. Dikatakan bahwa sekitar 70 persen non-pengungsi di Gaza tidak aman pangan.(exe)


0 Komentar