Kamis, 20 Juni 2019 15:45 WIB

Anies Jelaskan soal Konsep HUT DKI ke-492

Editor : Eggi Paksha
Lapangan Banteng. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemprov DKI Jakarta menggelar rangkaian acara HUT ke-492 Kota Jakarta yang menarik bagi warga.

Pada rangkaian acara tahun ini, Pemprov DKI Jakarta mengusung konsep ekonomi kreatif dan seni, dengan harapan berbagai acara yang dilaksanakan dapat memajukan perekonomian di Ibu Kota, sekaligus mendekatkan warga dengan berbagai karya seni.

“Rangkaian acara ini kami hadirkan untuk seluruh warga Jakarta. Bahkan, harapannya, bisa mendatangkan turis domestik maupun mancanegara," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Mantan Mendikbud ini mengajak serta warga DKI untuk turut memeriahkan perayaan ulang tahun Jakarta.

"Saya mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut berpartisipasi, menikmati rangkaian acara yang telah kami siapkan, dan mendukung berbagai karya anak Jakarta, karya bangsa kita ini, sehingga ke depannya semakin memajukan perekonomian di Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal,” ujarnya.

Untuk memeriahkan HUT DKI, Rangkaian acara pertama bertajuk Live Mural Jakarta Anniversary yang berlangsung di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Hima Rupakapala Universitas Paramadina, bekerja sama dengan iMural yang akan melukis di dinding sepanjang terowongan sisi utara (bagian kiri dari arah stasiun MRT) dengan tema Wajah Baru Jakarta. 

Live Mural diadakan tanggal 17 hingga 21 Juni 2019, mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB. Acara ini terselanggara atas dukungan BRI Peduli. Selain itu digelar Semasa Piknik (oleh Semasa di Kota Tua) & Pasar Raia Keliling Vol. 2 (oleh Sadari Sedari).

Sukses dalam penyelenggaraan Semasa di Balai Kota pada Maret 2019 lalu, Pemprov DKI Jakarta kembali bekerja sama dengan Semasa di Kota Tua dalam menghadirkan sebuah wadah bagi pelaku ekonomi kreatif. Bazar kreatif kali ini dilaksanakan di luar ruangan (outdoor) dan berkonsep piknik, sehingga bertajuk Semasa Piknik. 

Warga dapat melihat, membeli, dan menikmati berbagai produk kreatif di acara ini, mulai dari pakaian, keramik, hingga kuliner. Lebih dari 60 pembuat produk kreatif yang akan ikut berpartisipasi.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng Sadari Sedari, yang berfokus pada donasi pakaian bekas untuk pendidikan di Indonesia. Kali ini, kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dan Sadari Sedari menghadirkan Pasar Raia Keliling Vol. 2. 

Acara ini diisi dengan Garage Sale (penjualan pakaian bekas) dari sejumlah artis dan influencer Tanah Air seperti Agni Pratista, Vania Herlambang, dan Alexandra Asmasoebrata; penampilan musik; gelar wicara; dan pameran instalasi lingkungan. Seluruh keuntungan akan didonasikan kepada LKSA Nurul Ihsan dan Skola Lipu di Sulawesi Tengah.

"Kedua acara ini akan digelar di Lapangan Banteng pada 22-23 Juni 2019, dimulai pukul 10.00 – 18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB," tuturnya.

Pasar kreatif di Lapangan Banteng ini terlaksana atas dukungan Pasar Jaya, BRI Peduli, Gojek, dan Shopee.(exe)


0 Komentar