Kamis, 20 Juni 2019 12:38 WIB

Pembangunan Fase 2 MRT Dianggarkan RP22,5 Triliun

Editor : Eggi Paksha
MRT. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- PT MRT Jakarta sedang mempersiapkan pembangunan Fase 2 MRT Koridor Bundaran HI-Jakarta Kota.

Groundbreaking MRT Fase 2 telah dilakukan Presiden Joko Widodo pada 24 Maret 2019 lalu bersamaan dengan peresmian MRT Fase 1.

"Fase 2 ya sudah kita mulai CP 200 yaitu pembangunan receiving substation di Monas juga mulai dibangun ya. Kemudian CP 201 yaitu paket pertama kita yang dikerjakan dari Bundaraan HI menuju harmoni yaitu dalam proses lelang. Kemudian CP 202, 203 juga akan segera biding dalam waktu beberapa minggu ke depan. Jadi kontrak kita on target ya kalau semua berjalan sesuai rencana sampai ke kota itu akan kita selesaikan di tahun 2024," ungkap Dirut PT MRT Jakarta, Wiliam Sabandar di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Dia menuturkan, sejumlah paket proyek fase 2 MRT ini sudah dimulai atau dalam proses lelang, seperti pembangunan substation di Monas. Kemudian paket pertama proyek yang dibiayai oleh Japan Internasional Coorperation Agency (JICA) dari Bundaran HI menuju ke Harmoni juga dalam proses lelang.

"Untuk paket proyek dari Bundaran HI ke Harmoni sedang dalam proses lelang, direncanakan selesai dan kita akan mendapatkan pemenangnya kira-kira pada November mendatang serta mudah-mudahan bisa segera kita mulai," tuturnya.

Sedangkan paket-paket proyek lainnya, lanjut Wiliam, segera menyusul untuk dilakukan proses pelelangan."Nilai total untuk Fase 2 MRT yang sekarang kita siapkan anggarannya itu sebesar Rp22,5 triliun, dan itu seluruhnya merupakan pinjaman lunak yang kita dapatkan dari Jepang," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, PT MRT Jakarta memulai kick-off pelaksanaan pengadaan proyek fase 2 MRT Jakarta Bundaran HI-Kota pada Rabu 19 Juni 2019. Kegiatan tersebut juga ditandai dengan penandatanganan pakta integritas yang ditandatangani seluruh direksi PT MRT Jakarta.(exe)


0 Komentar