Senin, 03 Juni 2019 12:58 WIB

Ruiz Sukses Ikuti Jejak Ikon Tinju Meksiko

Editor : Yusuf Ibrahim
Andy Ruiz Jr. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Andy Ruiz Jr menjadi juara kelas berat dunia pertama asal Meksiko dengan membawa pulang gelar IBF, WBA, IBO, dan WBO, setelah menganvaskan Anthony Joshua di ronde ketujuh.

Ruiz mengikuti jejak ikon tinju Meksiko Saul 'Canelo' Alvarez dan Julio Cesar Chavez. Andy Ruiz sukses merebut gelar Joshua setelah tampil luar biasa di Madison Square Garden, New York City, Sabtu (1/6/2019) malam waktu lokal atau Minggu (2/6/2019) pagi WIB.

Pukulan bertubi-tubi di ronde ketujuh membuat Joshua yang diunggulkan, terjatuh tidak berdaya. Ruiz menjadi juara kelas berat pertama untuk Meksiko.

Dia mengikuti jejak ikon tinju Meksiko lainnya seperti Canelo yang merupakan juara kelas menengah WBA (Super), WBC, The Ring, lineal, IBF, dan menengah super WBA. Sedangkan Julio Cesar Chavez merupakan mantan juara kelas menengah WBC pada 2011 hingga 2012. 

Ruiz, petinju kelahiran Imperial Valley, California, 11 September 1989 itu, kini mencatat rekor pertandingan 34 laga dengan 33 kali menang (21 menang KO), da sekali kalah. Dia sekaligus mencoreng debut Joshua di AS yang sebelumnya tidak terkalahkan. Kini catatan Joshua 23 pertandingan menang 22 (21 menang KO) dan kalah sekali.

Ruiz sebelumnya tidak diunggulkan mengingat dia hanya memiliki lima minggu penuh untuk mempersiapkan diri setelah lawan yang dijadwalkan Joshua, Jarrell Miller, tersandung kasus doping atas obat-obatan yang meningkatkan kinerja positif.

Ruiz jatuh ke kanvas di ronde ketiga tetapi juga berhasil menjatuhkan Joshua di ronde yang sama dan Joshua beruntung untuk bertahan.(exe)


0 Komentar