Sabtu, 01 Juni 2019 15:24 WIB

Pemudik Diimbau Lihat Informasi dari Berbagai Media

Editor : Eggi Paksha
Pemudik di Pelabuhan Merak. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten akan terjadi pada H-3 atau Minggu 2 Juni 2019.

"Kalau saya kelihatannya H-3 akan lebih banyak (pemudik di Pelabuhan Merak)," kata Budi saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/6/2019).

Menurutnya, para pemudik yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakahuni, Lampung sudah menyebar melakukan perjalanannya dari tanggal 29 Mei hingga 1 Juni. Pasalnya, libur lebaran tahun ini lebih lama.

"Kita harapkan tidak ada suatu lonjakan yang melebihi kapaistas, dengan begitu pemudik mendapatkan layanan yang baik," ujarnya.

Budi mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan pulang kampung agar terlebih dahulu melihat informasi dari berbagai media. Hal itu dilakukan agar tidak terjebak kepadatan di perjalanan

"Kita selalu menghombai sering sering melihat informasi dari TV, online dan sebagainya, agar tahu berstretegi diwaktu mana yang senggang," ucapnya.

Berdasarkan data dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, jumlah pemudik yang sudah meninggalkan pulau Jawa ke Sumatra via Pelabuhan Merak dari H-7 hingga H-5 sebanyak 400.309 orang. Terdiri dari penumpang pejalan kaki 52.547 orang, penumpang dalam kendaraan 347.762 orang.

Sedangkan kendaraan roda dua yang sudah berhasil diseberangkan sebanyak 38.261 unit, mobil pribadi 43.564 unit, bus 2.113 unit, truk 3776 unit menggunakan 40 kapal roro.

Pantauan siang hari ini di Pelabuhan Merak, terjadi antrean kendaraan yang didominasi roda empat di dermaga VI yang menunggu giliran masuk kedalam kapal.

Sementara itu di Gerbang Tol Merak, arus lalu lintas menuju Pelabuhan Merak masih lengang tidak terjadi antrean panjang. Diprediksi akan terjadi peningkatan pada malam ini hingga dinihari nanti.(exe)


0 Komentar