Sabtu, 18 Mei 2019 11:24 WIB

PSSI Kirim Garuda Select ke Eropa pada November

Editor : Yusuf Ibrahim
Garuda Select tahap pertama. (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha Destria, mengatakan para pesepak bola belia yang terpilih dalam program Garuda Select tahap kedua akan diberangkatkan ke Eropa pada November 2019.
 
"Seleksi dilakukan pada Agustus sampai September 2019 untuk kategori U-16 dan U-18," ujar Ratu Tisha di Jakarta, Jumat (17/5) malam.
 
Dia melanjutkan, para pemain yang diseleksi berasal dari klub-klub peserta Elite Pro Academy Liga 1 U-16 dan U-18 yang berlangsung pada tahun 2019.
 
PSSI menargetkan bisa mendapatkan masing-masing 25 pesepak bola terbaik atau total 50 pemain di dua kategori usia tersebut.
 
"Kalau ini terjadi, maka satu tim akan kami kirim ke Inggris, satu lagi ke Italia," kata Ratu Tisha.
 
Sementara jika seleksi hanya bisa mendapatkan kurang dari 30 pemain terbaik, maka semuanya akan menjalani aktivitas latihan dan bertanding di Inggris, sama seperti Garuda Select angkatan pertama.
 
"Kalau kurang dari 30 pemain, pilihannya hanya Inggris karena PSSI bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Inggris (The FA)," tutur dia.
 
Program Garuda Select sendiri merupakan hasil kerja sama PSSI dengan pihak SuperSoccer TV. Stasiun televisi sepak bola berbasis daring tersebut menyiarkan kegiatan-kegiatan tim Garuda Select selama di Inggris baik melalui video dokumenter maupun siaran langsung pertandingan.
 
Garuda Select angkatan pertama terdiri dari 24 pemain yang berusia di bawah 17 tahun. Mereka digembleng dengan latihan dan pertandingan di Inggris selama kurang lebih lima bulan sejak Januari 2019.
 
Di sana, Garuda Select yang dilatih oleh pemain timnas Inggris periode 1988-1993 Des Walker dan Dennis Wise, gelandang Chelsea 1990-2001 serta timnas Inggris 1991-2000, menjalani total 17 pertandingan menghadapi tim remaja klub-klub Inggris termasuk Arsenal, Chelsea dan Leicester City.
 
Dari jumlah pertandingan itu, mereka menang lima kali, seri empat kali dan kalah delapan kali.(exe)
 
 

0 Komentar