Senin, 29 April 2019 10:52 WIB

Anies Ingin Warga Jakarta Ubah Prilaku Hidup

Editor : Yusuf Ibrahim
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak warganya bersiap menyambut wajah baru Ibu Kota yang akan berusia 492 tahun.

Anies ingin warga Jakarta mengubah prilaku hidup, terutama terkait penggunaan moda transportasi.

"Saya ingin garis bawahi, wajah baru Jakarta bukan sekadar wajah baru fisiknya saja, yang harus kita ingat bahwa di balik wajah baru fisik, ada cara pandang yang baru," ujar Anies saat membuka pencanangan hari jadi ke 492 Kota Jakarta di Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu 27 April 2019.

Pencanangan ini merupakan rangkaian acara peringatan HUT ke 492 Kota Jakarta yang jatuh pada 22 Juni mendatang. 

Anies ingin kebaruan itu dimulai dari pikiran hingga perbuatan. "Karena itu, dalam kita memperingati 492 tahun dengan tema 'Wajah Baru Jakarta', bukan sekadar fisiknya saja, tapi gagasan di balik itu," sambung Anies.

Selanjutnya, Anies berpesan kepada warga Jakarta untuk membiasakan bepergian dengan menggunakan moda tranportasi yang semua orang miliki, yakni kaki. Karena Pemprov DKI akan lebih banyak membangun ruang untuk pejalan kaki.

"Saya mau tanya ke semua yang hadir, alat transportasi apa yang dimiliki semua orang? tanya Anies. Warga yang hadir kompak menjawab motor dan sepeda. Anies lalu meluruskan bahwa alat transportasi yang dimiliki semua orang adalah kaki.

Selain menghadiri acara pencanangan HUT Kota Jakarta, Anies dalam kesempatan itu sekaligus meresmikan nama taman yang dijadikan tempat acara itu dengan nama 'Taman O'. 

Makna dari pemberian nama 'Taman O' yakni O tidak ada sudut dan saling terpaut satu sama lain. O memberikan inspirasi untuk saling bergandengan, berkolaborasi untuk menjaga kebersamaan hingga menjadi kekuatan. O merupakan salah satu pijakan kolaborasi antara pemerintah dan warga. Memperat silaturahmi untuk mencapai tujuan bersama.

"Saya ingin pesan kepada masyarakat di sekitar ini, manfaatkan Taman O ini. Jadikan Taman O sebagai tempat berinteraksi. Sering-sering ajak kegiatan di sini. Ajak anak-anak ke sini. Buat kegiatan yang banyak. Saya ingin ini dimanfaatkan dan di sini ada pojok literasi," ucap Anies. 

"Mari biasakan anak-anak kita membaca. Anak-anak yang terbiasa membaca, insyaAllah besarnya nanti menjadi pembelajar. Kalau menjadi pembelajar, dia akan sukses dunia akhirat, insya Allah. Manfaatkan ruang pojok literasi untuk kita membiasakan anak-anak kita membaca," imbuhnya.(ist)


0 Komentar