Sabtu, 16 Maret 2019 16:42 WIB

Inkado Dorong Atlet Berprestasi dan Ingat Senpai

Editor : Yusuf Ibrahim
Pembukaan di GOR PKP Islamic School, Jakarta Timur. (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Inkado merayakan hari ulang tahun yang ke-47 dengan menggelar kejuaraan tingkat pelajar, Dojo SDN 03 Lenteng Agung di GOR PKP Islamic School, Ciracas, Jakarta Timur, 16-17 Maret 2019. 

Hal tersebut, diharapkan dapat mendorong prestasi karateka muda. Sebagai catatan, Inkado yakni satu cabang aliran karate-do Indonesia yang menggunakan aliran Shotokan.

"Turnamen ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Inkado untuk mendorong karateka-karateka muda khususnya anak-anak pelajar tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA), melalui kejuaraan antar dojo tingak pelajar," ujar Ketua Harian INKADO, Rasio Ridho Sani, saat ditemui dalam acara kejuaraan tingkat dojo antarpelajar di gelanggang olahraga (GOR) PKP Jakarta Islamic School, Jakarta Timur, Sabtu (16/3/2019).

Rasio Ridho Sani, yang juga Dirjen Penegakan Hukum Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menambahkan, event ini sangat penting untuk digelar karena kita juga ingin mendorong atlet-atlet karateka berprestasi melalui dojo-dojo. Sebab, dikatakannya lagi, seluruh karateka itu semuanya tumbuh dari dojo, dan karateka-karateka besar Indonesia pasti dimulai dari atlet-atlet usia dini.

"Inilah yang kita dorong dan saya berharap, melalui kejuaraan-kejuaraan seperti ini yang dilakukan tidak hanya di Jakarta, akan tetapi juga di tempat-tempat lainnya, kita bisa membangun karateka-karateka muda yang memiliki karakter yang kuat, memiliki sportivitas, kejujuran dan juga bisa membangun karateka berprestasi baik tingkat nasional maupun dunia."

Ridho Sani melihat bahwa upaya-upaya mendorong prestasi dan karakter ini sangat penting untuk dilakukan. Seluruh atlit yang bertanding dalam turnamen ini berasal dari seluruh dojo di Jabodetabek dan Sulawesi, akan tetapi dojo dari Sulawesi batal untuk hadir. Total atlit yang bertanding ada sekitar 840 orang dari seluruh Jabodetabek.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana turnamen dan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Inkado, Kornelia Johana, menuturkan tujuan diadakannya turnamen antardojo tingkat pelajar untuk mengingatkan kembali para atlet-atlet yang sudah go internasional untuk mengingat kembali dojo-dojo mereka. "Ingat guru-guru (senpai) mereka dan bisa berkontribusi untuk dojo-dojonya yang dulu."

Terkait dengan hadiah dalam turnamen tersebut, Kornelia mengatakan untuk juara satu akan mendapatkan hadiah uang prestasi sebesar Rp5 juta, peringkat dua Rp3juta dan ketiga sebesar Rp2 juta.

"Kita memberikan uang prestasi. Kalau juara satu di juara umum atau tingkat SMA, akan mendapatkan beasiswa dari Universitas Mercu Buana, kalau juara satu akan mendapatkan beasiswa 100 persen, juara dua akan mendapatkan beasiswa 75 persen dan juara tiga akan mendapatkan beasiswa 50 persen," pungkas Kornelia.(exe)


0 Komentar