Sabtu, 16 Maret 2019 01:58 WIB

Jumlah Peserta Piala Menpora U-12 Meningkatan, FOSSBI Kirim Pemenang ke Singacup

Editor : Eggi Paksha
Imran (kelima dari kiri) bersama Isnanta dan Anwar Sadat. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali menggelar liga sepak bola berjenjang, sebagai bagian dari pembinaan dan peningkatan prestasi sepak bola nasional.
 
Kick off rencananya akan digelar pada 16 Maret 2019 di Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat. Nantinya, kompetisi ini akan mempertandingkan lima kelompok umur, yakni U-12,  U-14, U-16, Liga Mahasiswa U-21, dan  U-17 Putri.
 
“Dilaporkan oleh Bapak Alman Hudri dan dibuka oleh Menteri (Imam Nahrawi) dan Deputi 3 Raden Isnanta. FOSSBI (forum sekolah sepak bola Indonesia) hadir 100 persen Ketua Provinsi dan Dewan FOSSBI Pusat,” ujar Sekretaris Umum (Sekum) FOSSBI, Anwar Sadat. 
 
“Untuk bimbingan teknis Piala Menpora resmi dibuka tanggal 15 Maret 2019 di Bandung. Sedangkan  besok (Sabtu) akan ada Kick off ceremonial di Stadion UPI, dengan diramaikan beberapa artis dan hiburan, kesenian dan marching Band. FOSSBI mempunyai proyeksi dari laporan ketua provinsi dan daerah, jumlah peserta mengalami peningkatan,” imbuhnya didampingi Presiden FOSSBI, Zuchli Imran Putra.
 
FOSSBI kembali dipercaya Kemenpora sebagai operator U-12. Kembali diterangkan Anwar Sadat, di 2018, diikuti sebanyak 378 kab/kota dengan jumlah SSB mencapai 12.096 dan 145.152 peserta.
 
Sedangkan di tahun ini, 450 kab/kota dengan SSB mencapai 14.496 serta lonjakan peserta tercatat yakni diikuti 173.952. Pemenang Nasional Piala Menpora U12 akan dikirimkan ke kejuaraan Internasional, Singacup, Singapura.
 
Anwar juga menghimbau kepada semua provinsi dan daerah untuk mendokumentasikan video dan foto kemudian dishare ke sosial media. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan informasi secara luas perihal Liga Berjenjang Piala Menpora U-12.
 
Sementara itu, Isnanta menambahkan jika liga sepak bola berjenjang tahun ini memasuki penyelenggaraan keempat. Menurutnya, pembinaan sepak bola di usia dini dan muda merupakan awal dari lahirnya prestasi.
 
Kemenpora, lanjut Isnanta, akan terus berkomitmen untuk menyelenggarakan kompetisi sepak bola bagi semua kelompok umur.
 
Untuk kompetisi ini, peserta berasal dari sekolah, SSB, dan kampus-kampus dari seluruh provinsi di Indonesia. Liga ini juga akan diselenggarakan di 34 provinsi.
 
Seri Nasional Liga Sepak Bola Berjenjang rencananya akan dilaksanakan pada bulan September 2019. Untuk U-12 akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan. Sedangkan U-14 akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Lalu, U-16 akan dilaksanakan di Banten. Kemudian, Liga Mahasiswa U-21 akan dilangsungkan di Yogyakarta. Dan, untuk Liga Sepak Bola Putri U-17 akan digelar di Bandung, Jawa Barat.
 
 
“Dengan adanya liga sepak bola berjenjang, diharapkan nantinya dapat menjadi wadah untuk menjaring bibit-bibit unggul calon pesepakbola nasional dimasa depan. Siapa tahu kita akan menemukan lagi penerus Egy Maulana Vikri atau Witan Sulaeman yang bisa mengharumkan nama bangsa di berbagai ajang internasional,” tutup Isnanta.(exe)

0 Komentar