Jumat, 08 Maret 2019 11:16 WIB

Penemu Kalkulator Tutup Usia

Editor : Eggi Paksha
Jerry Merryman. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Jerry Merryman, salah satu penemu kalkulator elektronik gengam, seorang tokoh yang tidak hanya cerdas namun juga baik hati dan memiliki selera humor yang baik, telah tutup usia.

Jerry meninggal dunia dalam usia 86 tahun. Merryman wafat tanggal 27 Februari di sebuah rumah sakit di Dallas akibat komplikasi penyakit jantung dan gagal ginjal, ujar putri trinya, Kim Ikovic. 

Ia mengatakan Jerry telah dirawat di rumah sakit sejak akhir Desember setelah mengalami komplikasi selama pembedahan untuk memasang alat pacu jantung.

Ia salah satu dari tiga orang yang dianggap sebagai penemu kalkulator genggam saat bekerja untuk perusahaan Texas Instruments yang berpusat di Dallas.

Tim tersebut dipimpin oleh Jack Kilby, yang merintis jalan untuk komputer yang kita kenal sekarang dengan diciptakannya sirkuit terintegrasi yang meraih Hadiah Nobel, selain juga James Van Tassel. Purwarupa dari kalkulator yang mereka ciptakan sekarang tersimpan di Smithsonian Institution.

Pada 2013, dirinya pernah mengisahkan penemuan kalkulator genggam kepada NPR. The Smithsonian menyebut, bahwa Merryman dan dua rekannya telah membuat kemajuan berarti untuk mengajukan paten pada September 1967.

Merryman sendiri lahir pada 17 Juni 1932. Ia tumbuh di Hearne di Texas, dan pada usia 11 tahun ia telah menjadi tukang reparasi radio. Ia menempuh pendidikan di Texas A&M University di College Station, meski tidak pernah dinyatakan lulus sebagai sarjana.

Setelah bekerja untuk departemen oseanografi dan meteorologi universitas dan pangkalan minyak di Teluk Meksiko, ia mulai bekerja di Texas Instruments pada 1963. Putrinya, Melissa Merryman, menyebut sang ayah sebagai pria yang rendah hati.(ist)


0 Komentar